Beranda Berita Utama Pemkab Bolmong Gelar Pencanangan Kampung KB

Pemkab Bolmong Gelar Pencanangan Kampung KB

343
0
Pemkab Bolmong Gelar Pencanangan Kampung KB
Pencanangan Kampung KB di Bilalang III, Kabupaten Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Untuk mencegah terjadinya kepadatan penduduk, Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah resmi melaksanakan pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Bilalang Utara III, Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolmong, Kamis (28/09/2017).

Hal ini sebagai mana yang disampaikan oleh Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutannya, yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, manyampaikan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini, pencanagan kampung KB ini, sangat dibutuhkan. Ada beberapa kreteria desa yang dapat dijadikan percontohan kampung KB, anatara lain dilihat dari kepadatan penduduknya.

“Ya, desa yang menjadi diprioritas Pemkab Bolmong yaitu Kepadatan Penduduknya diatas rata-rata (1,7 %),” ungkap sekda.

Sekda juga menjelaskan, dalam program kampung KB ini disusun dalam  perencanaan pembangunan desa, untuk semua bidang. Seperti bidang kesehatan, pendidikan serta sosial kemasyarakatan. Kemudian, di kampung KB dilakukan optimalisasi semua perangkat, dan institusi.

“Program ini melibatkan semua bidang, dikarenakan Program ini bukan hanya ingin mensuksekan Program KB atau pun sosialisasi pemakaian alat konrasepsi,” jalasnya.

Lanjutnya, Kampung KB merupakan arah kebijakan pembangunan pemerintah 2015-2019, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia. Bila ini nanti telah berjalan, maka akan lahir sumber daya manusia di Indonesia berkualitas.

“Kampung KB merupakan model pelaksanaan program pembangunan keluarga secara utuh, dengan melibatkan seluruh mitra, steakholder, instansi terkait serta dilaksanakan diseluruh tingkatan pemerintahan di seluruh kabupaten/kota,” bebernya.

Ditambahkan, sasaran lain Kampung KB adalah mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Semua instansi terkait harus terlibat langsung. Di hari-hari tertentu, imbau Sekda, harus turun dan berkantor di balai desa. Seperti Dinas Kesehatan memberikan informasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis. Dinas Pendidikan, turun dan melihat kualitas pendidikan. Dinas Perumahan datang dan melihat lingkungan sekitar kampung KB, apakah sanitasinya baik atau tidak, apakah ada selokan yang tersumbat, rumah tidak layak huni. Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan, memberikan pelayanan pembuatan KTP, Kartu Kaluarga dan Akta Kelahiran secara gratis. Dan instasni teknis lainnya.

“Semua itu dicatat dan diusulkan untuk dianggarkan. Itu yang disebut dengan Kampung KB. Sehingga itu, pemerintah mengharapkan program ini betul-betul diwujudkan secara efektif. Tidak bisa dijadikan sekadar formalitas. Substansi dari pelaksanaan kampung KB itu harus terlihat,” tuturnya.

Diketahui, pencanangan Kampung KB di Kabupaten Bolmong di gelar di tiga tempat berbeda. Pertama di Desa Kinomaligan, Kecamatan Dumoga Tengah, yang mencakup Kecamatan Dumoga timur, Dumoga Tengah, Dumoga Barat, Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara. Kedua di Desa Tadoi Induk, Kecamatan Bolaang yang mencakup Kecamatan Poigar, Bolaang Timur, Lolak dan Sang Tombolang. Dan ketiga, di Desa Bilalang Tiga Utara, yang mencakup Kecamatan Bilalang, Passi Barat, Passi Timur dan Lolayan.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakKepala Sekretariat Panwas Bolmong Masih ‘KJ’
Artikulli tjetërBank Prisma Dana Inobonto Focus pada Pelayanan serta Suku Bunga yang Manarik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.