Beranda Berita Utama Hasil Pleno Bupati dan Wabup Bolmong Terpilih Diserahkan ke DPRD

Hasil Pleno Bupati dan Wabup Bolmong Terpilih Diserahkan ke DPRD

280
0
Baru Dua Partai Mendaftar di KPU Bolmong
Deandels Sambowadile SE, Komisioner KPU Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Deandels Sombowadile SE, Minggu (19/03/2017), mengatakan,  pasca ditetapkan hasil perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tanggal 17 Maret lalu, pihaknya sudah menyerahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemkab Bolmong.

“Jadi untuk pelantikan itu sudah ranahnya pemerintah. Kami tinggal tunggu undangan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bolmong, terpilih Dra Hj Yasti S Mokoagow-Yanny R Tuuk STh MM (Yasti-Yanny),” ungkap Deandels.

Ia menambahkan, KPU sudah menetapkan pasangan calon terpilih untuk dilantik. Sesuai tahapan, pengusulan pengesahan pengangkatan Paslon terpilih diajukan kepada Menteri Dalam Negeri melalui pemerintah daerah dan provinsi. “Jadi tugas kita sudah selesai. Kita tinggal menunggu undangan pelantikan,” tambahnya lagi.

Diketahui, KPU Kabupaten Bolmong, telah menetapkan pemenang Pilkada 2017 lewat rapat pleno yang digelar, di Gedung Basa Raya Yadika Kopandakan II, Jumat 17 Maret 2017. “Tanpa sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), pasangan nomor urut 1 Yasti Soepredjo Mokoagow-Yanny Ronny Tuuk ditetapkan sebagai pemenang Pilkada serentak yang digelar 15 Februari lalu,” tuturnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bolmong, Drs Hi Yahya Fasa, mengaku, hasil rapat pleno pemenang Pilkada dari KPU, telah diterima. “Rencananya DPRD akan segera melakukan rapat Badan Musyawarah (Banmus) dan akan menyampaikan lewat rapat paripurna,” kata Fasa.

Lanjutnya, setelah itu DPRD bersama dengan pemerintah daerah dan pihak KPU, akan menyerahkan hasil tersebut ke Pemerintah Provinsi.

“Yang pasti setelah hasilnya sudah kita terima, akan segera ditindaklanjuti untuk dibawa ke Pemprov,” tutur Yahya.

Seperti diketahui, Paslon pemenang Pilkada Bolmong yang meraih suara terbanyak adalah pasangan nomor urut 1  Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow –Yanny Ronny Tuuk STh MM. Pasangan ini diusung PDIP, PAN, PKB, PKS dan Nasdem ini meraih 89.058  ribu suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Salihi Bue Mokodongan-Jefry Tumelap, diusung Golkar, Demokrat dan Gerindra, hanya memperoleh suara 48.284 ribu suara.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakPuskesmas Maelang tak Layani KIS
Artikulli tjetërPanpel Sekda Bolmong Tambah Waktu Pendaftaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.