Beranda Berita Utama Pementasan Teater Senja Kala Loloda Mokoagow Sukses Digelar

Pementasan Teater Senja Kala Loloda Mokoagow Sukses Digelar

59
0

Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Sejumlah pemuda-pemudi penggiat budaya yang ada di Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolmong, terlibat dalam Pementasan Teater berjudul Senja kala Loloda Mokoagow yang disutradarai Uwin Mokodongan sukses digelar di Aula Kantor Diskominfo Pemerintah Kota Kotamobagu, Jumat 11 November 2023.

Para pemuda-pemudi penggiat budaya ini diambil dari beberapa komunitas budaya antara lain Monibi Institute, Pusat Studi Sejarah Bolaang Mongondow Raya (PS2BMR), Sanggar Seni Abo Tadohe, Historya BMR, SMA Negeri 1 Passi, dan pemain dari SMA Negeri 2 Kotamobagu.

Senja Kala Loloda Mokoagow mengangkat kisah Datu Binangkang Loloda Mokoagow pasca Verbond 10 Januari 1679 dibuat oleh Robertus Padtbrugge hingga pada masa suksesi tahta Loloda Mokoagow kepada putranya.

Verbond 10 Januari 1679 dicetuskan Robertus Padtbrugge dimana Gubernur VOC di Maluku ini kembali datang ke Manado lalu mengundang kepala – kepala kampung di pedalaman dan dataran tinggi untuk turun gunung menemuinya di Manado kemudian diminta berikrar di bawah sumpah untuk saling setia dengan kompeni (VOC) dan memutus keterhubungan dengan Loloda Mokoagow karena raja ini sebut VOC dalam perjanjian itu, telah membuat berbagai kesukaran dan kesulitan hidup mereka.

Namun demikian di dalam perjanjian itu juga disebutkan, bukan mereka (suku-suku itu) yang meninggalkan raja, tetapi rajalah yang meninggalkan mereka. Olehnya tak ada alasan untuk tidak meninggalkan raja Loloda Mokoagow. Verbond itu dibuat 2 tahun pasca Loloda Mokoagow, Sultan Ternate (Sibori) dan sejumlah kerajaan yang dikonsolidasikan Ternate, di tahun 1677 berlayar ke utara dalam ikatan aliansi untuk menggempur Spanyol yang masih bercokol menanamkan pengaruhnya di Siau.

Menurut Uwin Mokodongan sutradara Senja Kala Loloda Mokoagow, berdasarkan catatan sejarah, Robertus Padtbrugge (VOC-Belanda) sebenarnya adalah tokoh yang berada di balik layar penggempuran aliansi Ternate terhadap Kerajaan Siau yang dicokoli Spanyol. Ia memprovokasi Sultan Sibori dengan isu soal Maimuna (istri Sultan) yang ditahan Batahi.

Sultan Sibori lantas mengonsolidasikan pasukan yang terdiri dari sejumlah kerajaan di Maluku, Sangihe, dan dataran besar Sulawesi Utara dimana Kerajaan Bolaang, Bolangitang, Kaidipang, Limboto, Gorontalo, Buton turut terlibat dalam penggempuran yang tak seimbang itu. Padtbrugge membawa VOC mengambil keuntungan di balik perang yang sukses mengusir Spanyol selamanya dari utara Sulwesi hingga monopoli bidang ekonomi menjadi milik VOC tanpa saingan.

Pementasan ini sekalian menggambarkan kondisi batin Loloda Mokoagow dan orang-orang terdekatnya yang tak pernah menduga tak-tik devide et impera yang dimainkan Robertus Padtbrugge betapa telah merengut ikatan persaudaraan di utara sulawesi terkoyak.

Turut menarik dalam teater ini adalah bagaimana Uwin Mokodongan menampilkan beberapa istri Loloda Mokoagwo yang dikenal seperti sosok Kineke anak kesayangan dari Tonaas Wangko Negeri Tompaso, Malo Malangkasi perempuan Amurang Ibu dari Manoppo, Mekka istri Loloda di Manado, Bulandalo, dan Boki Langa’an Ibu dari Makalunsenge.

Satu persatu ditampilkan bagaimana istri-istri Loloda Mokoagow ini menyampaikan isi hati mereka terhadap sosok Datu Binangkang Loloda Mokoagow.
Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVII Sulawesi Utara-Gorontalo turut hadir menyaksikan pementasan ini termasuk dari Disbudpar Kotamobagu dan sejumlah penonton yang memadati Aula Kantor Diskominfo Kotamobagu.

Disampaikan Uwin Mokodongan, BPK memberi dukungan lewat program Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan Tahun 2023 kategori perorangan hingga ia berkesempatan mementaskan teater Senja kala Loloda Mokoagow. Dukungan dari para penikmat teater di Kotamobagu, Disbudpar dan Diskominfo yang memberi fasilitas pementasan membuat Uwin Mokodongan mengungkapkan rasa terima kasihnya.

Artikulli paraprakPelaku Curanmor Ditangkap Tim Resmob Polres Kotamobagu
Artikulli tjetërBupati Limi Mokodompit Bersama KPUD Bolmong dan Bawaslu Bolmong Tandatangani NPHD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.