Pemkab Bolmong Anggarkan Honor Pengajar Santri TPA/TPQ

15 Viewed Kotamobagu Online 0 respond
Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong akan menganggarkan honor para guru mengaji melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan santri, di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).
“Beberapa waktu lalu saya telah menanda tangani peraturan Bupati, dan menyampaikan kepada semua sangadi yang ada TPA/TPQ di desanya, untuk memperhatikan guru – guru para pengajar santri yang belum mendapatkan honor, baik dari Kementerian maupun dari Pemerintah Daerah (Pemda),  agar honornya dianggarkan melalui APBDes,” ungkap Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya pada kegiatan wisuda santri se-Kabupaten Bolmong. Kamis (04/04/2019) yang digelar di halaman Kantor Bupati Bolmong.

Lanjut Bupati, hal tersebut sudah tersirat dalam Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Desa dalam penyusunan APBDes. Dimana disebutkan anggaran desa tidak hanya difokuskan pada infrastruktur saja, tetapi juga untuk pemberdayaan masyarakat.
“TPA/TPQ juga merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat. Untuk itu kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmong agar segera melaksanakan tugas ini, juga kepada Kementerian Agama Bolmong, diharapkan agar dapat mendata TPA/TPQ yang guru – gurunya belum mendapatkan honor, untuk dimasukkan ke PMD Bolmong, agar supaya dapat dipanging kepala desanya untuk dianggarkan honornya melalui APBDes,” tutur Bupati.
Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kemenag Bolmong Tavip Pakaya, Kepala Kanwil Kemenag Sulut yang diwakili Kabid Pendidikan Islam Dra Ramlah Abas, para Staf Kemenag Bolmong, para Pimpinan OPD Pemkab Bolmong serta di ikuti oleh 2.121 peserta santri TPA/TPQ se-Bolmong yang di dampingi orang tua walinya.

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sekda Bolmong Buka Sosialisasi Monev Tepra

Entry Meeting Dengan BPK RI Sulut, Bupati Peringatkan Para Kadis

Related posts
Your comment?
Leave a Reply