Beranda Tips Sehat Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

8
0
Buah dan Minyak Zaitun
Buah dan Minyak Zaitun

 Kotamobaguonline.com Kamis, 10/09/2020 Redaksi – Minyak zaitun merupakan minyak yang dibuat dengan cara mengambil ekstrak lemak dari buah zaitun. Minyak ini telah digunakan semenjak dahulu sebagai campuran makanan dan obat herbal.

Pohon zaitun tumbuh subur di beberapa negara Timur Tengah, Eropa, khususnya Yunani dan juga Spanyol. Untuk mengkonsumsinya kita perlu mengimpor minyak ini dari luar negeri. Jadi, tak heran jika harganya lebih mahal.

Minyak jenis ini memiliki lemak yang lebih baik dibandingkan minyak biasa, seperti minyak sayur dan minyak kelapa, sehingga minyak zaitun memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminumnya secara langsung. Namun, agar memiliki rasa yang lebih lezat, minyak zaitu dapat dicampurkan ke dalam salad atau roti lapis.

Ada beberapa kandungan nutrisi yang ada, dalam minyak zaitun seperti vitamin E, vitamin K, antioksidan, omega-3, zat besi, dan berbagai kandungan lainnya.

Selain itu minyak zaitun bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Konon katanya Cleopatra sering menggunakan minyak zaitun yang dioleskan ke kulitnya, yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.

Itulah mengapa banyak produk krim perawatan kulit yang dibuat dengan bahan campuran minyak zaitun.

Ada berbagai manfaat dari minyak zaitun yang bisa Anda dapatkan bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa ramkuman mamfaat  minyak zaitun bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit di mana pengidapnya dapat kehilangan memori dan dapat dengan mudah melupakan sesuatu yang pernah terjadi. Penyakit ini biasanya banyak diidap lansia.

Untuk mencegah munculnya penyakit Alzheimer, Anda dapat menggunakan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

Hal ini karena minyak zaitun dapat memperlancar aliran darah menuju ke otak dan melindungi pembuluh darah. Selain itu, kandungan oleocanthal di dalam minyak zaitun dapat membantu menekan laju atau menghentikan pertumbuhan Alzheimer.

  1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang sangat penting bagi tubuh, mengingat tugasnya memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan aliran darah yang lancar, organ di dalam tubuh akan bekerja dengan semestinya.

Mengonsumsi makanan yang telah dicampurkan minyak zaitun, seperti salad sayuran, dapat dengan efektif membantu menjaga kesehatan jantung.

Minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan menjaga dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat memperlancar pompa darah menuju ke seluruh tubuh.

  1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan tersebut juga dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.

Selain itu, antioksidan dapat menghindarkan kulit dari paparan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, mudah keriput, dan menyebabkan penuaan dini.

Untuk manfaat kesehatan tubuh, Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan minyak zaitun pada makanan. Sedangkan untuk menjaga kesehatan kulit, Anda dapat mengoleskan minyak ini pada permukaan kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Hati.

Menjaga kesehatan hati merupakan hal penting. Organ hati memiliki tugas yang cukup vital dalam menyaring berbagai racun yang ada dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun yang dapat membantu usaha menjaga kesehatan hati. Hal ini karena minyak zaitun mengandung asam oleat dan senyawa fenolik.

Berbagai kandungan tersebut dapat mencegah stres oksidatif, peradangan, dan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan gangguan pada organ hati.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menimbulkan plak, yang dapat menyumbat pembuluh darah, dan mengakibatkan munculnya penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai penurun kadar kolesterol, Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung atau mencampurkannya sebagai bahan masakan.

  1. Menurunkan Risiko Depresi

Minyak zaitun yang dikonsumsi dengan cukup rutin, dapat membantu usaha mengatasi depresi dan kecemasan. Minyak zaitun dapat melindungi dan memberikan efek tenang pada sistem saraf.

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai penurun risiko terkena depresi, Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun saat sarapan di pagi hari, atau sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.

  1. Mencerahkan Kulit

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk membantu mencerahkan kulit, dengan cara mengoleskan minyak atau krim ekstrak minyak zaitun ke permukaan kulit.

Kandungan polifenol pada minyak zaitun yang cukup tinggi, bertugaas memberikan warna yang lebih terang pada kulit dan membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah. ( sumber Liputan6 )

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.