Beranda Tips Sehat 15 Manfaat Buah Naga, Untuk Kesehatan

15 Manfaat Buah Naga, Untuk Kesehatan

18
0

Kotamobaguon.com Sabtu, 29/08/2020 – Buah cantik berwarna kulit merah ini begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuhmanusia. Bahkan, karena melimpahnya nutrisi di dalamnya, buah naga dijuluki sebagai superfood.Buah naga memiliki fisik yang tergolong unik, dari kulitnya yang seperti naga sampai dagingnya yang berwarna merah pekat namun ada juga yang putih.

Dagingnya hampir mirip dengan kiwi, terdapat biji hitam didalamnya, namun daging pada buah naga ini memiliki rasa sebalikya yaitu manis.Buah yang dikenal juga dengan pitaya ini sendiri berasal dari Amerika Tengah, lalu mulai diekspor ke beberapa negara subtropis Asia Tenggara seperti, Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Sebelum membahas manfaatnya yang melimpah, menarik untuk menemukan fakta-fakta unik yang belum banyak diketahui tentang buah naga:

  • Siapa yang sangka ternyata buah naga tumbuh pada tanaman kaktus pitaya.
  • Bunga tanaman pitaya hanya mekar selama satu malam per siklus buah.
  • Satu tanaman kaktus pitaya mampu memproduksi hingga 10 kilogram (kg) buah naga setiap tahun!
  • Hewan nokturnal seperti ngengat dan kelelawar adalah yang sangat berjasa dalam penyerbukan buah ini.
  • Cara terbaik menikmati buah naga adalah dengan mendinginkannya terlebih dahulu.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga memiliki kalori cukup rendah serta banyak nutrisi yang terkandung mulai dari vitamin C, vitamin B, kalsium, serat, fosfor, protein dan tentunya antioksidan tinggi.Masih banyak yang mengira bahwa buah naga dengan daging berwarna merah dan putih memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, namun sebenarnya kurang lebih sama. Buah ini juga aman dikonsumsi oleh semua umur, bahkan untuk ibu hamil sekalipun.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada setiap 100 gram (g) buah naga:

  • Kalori:60
  • Protein:1,2 g
  • Lemak:0 g
  • Karbohidrat:13 g
  • Serat:3 g
  • Vitamin C:3% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Zat besi:4% AKG
  • Magnesium: 10% AKG

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Untuk menikmati khasiat yang terkandung di dalamnya cukup mudah, tinggal belah menjadi dua bagian lalu ambil isinya, atau bisa di-blender untuk dibuat jus. Berikut manfaat buah naga untuk kesehatan, membantu diet hingga mendukung masa kehamilan.

  1. Sumber Beberapa Jenis Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan penyakit kronis dan penuaan.Yang menarik, buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan sekaligus. Yaitu betalains, hydroxycinnamates dan flavonoid.

Betalains berguna memerangi kolesterol jahat. Hydroxycinnamates bersifat antikanker. Sedangkan flavonoid berperan dalam kesehatan otak.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Khasiat buah naga sangat ampuh untuk proses detoksifikasi. Buah naga sebagai sumber antioksidan, dapat mengurangi adanya radikal bebas pada tubuh.Sehingga proses pengeluaran racun dari dalam tubuh atau disebut detoksifikasi akan menjadi lebih lancar, tubuh jadi lebih sehat.

  1. Mampu Mencegah Diabetes

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk mencegah diabetes. Kandungan antioksidan pada buah naga juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk mencegah diabetes melitus.

Antioksidan mampu membunuh sel-sel jahat dari pola makan dan pola hidup tidak sehat. Selain itu, karena kadar gulanya sangat rendah membuat buah ini juga aman dikonsumsi penderita penyakit gula dalam jumlah yang tepat.

  1. Menangkal Kanker

Pada umumnya buah berwarna merah memiliki kandungan lycopene pada dagingnya, sama seperti halnya pada buah naga. Kandungan lycopene pada buah naga telah terbukti dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya kandungan lycopene, antioksidan hytoalbumin juga mampu mencegah pembentukan radikal bebas karsinogenik pada tubuh. Serta membuang racun loga yang dapat mengakibatkan kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain berfungsi untuk mencegah kanker, Lycopene juga memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi dan mencegah serangan penyakit jantung.

Itu karena biji hitam para buah naga kaya akan nutrisi yang mampu mencegah gangguan pada sistem kardiovaskular.

  1. Membantu Masalah Pencernaan

Merasa sulit buang air besar (BAB)? Buah ini bisa menjadi solusi efektif bagi yang mengalami sembelit.Kandungan serat yang tinggi pada buah naga mampu membantu pencernaanmu menjadi lancar dan mengobati konstipasi atau sembelit Pencernaan jadi lebih bersih.Kandungan proteinnya dapat membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan segar.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Diketahui juga bahwa buah naga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi dan tulangmu.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selain itu fosfor dan zat besi yang terkandung di dalamnya mampu membantu melancarkan peredaran darah serta memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh.

  1. Meredakan Rematik

Rematik secara langsung mempengaruhi sendi dan menyebabkan iritasi parah, serta menghambat pergerakan penderita.Menambahkan buah naga ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu melawan penyakit ini.Manfaat buah naga untuk orang yang menderita radang sendi sangat besar karena perannya sebagai buah anti-inflamasi.

  1. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Dengan menggabungkan buah naga dengan jus mentimun dan madu, kamu bisa mengandalkannya sebagai ramuan untuk mengatasi kulit terbakar sinar Matahari.

Dengan kandungan vitamin B3 melimpah, buah naga dapat melembabkan kulit yang terbakar sinar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terpapar.

  1. Rahasia Awet Muda

Rution mengonsumsi buah naga dapat menekan tanda-tanda penuaan secara signifikan. Dengan antioksidannya yang tinggi, kulit tetap kencang dan awet muda.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu dapat membuat masker wajah menggunakan buah ini yang dikombinasikan dengan madu sebagai alternatif alami untuk masker anti-penuaan.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Karena buah naga adalah sumber vitamin C yang baik, ia membantu dalam memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal segala penyakit.

Kandungan ini juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh, memproduksi kolagen yang membuat gigi kita lebih sehat, dan mempromosikan kulit yang sehat dan bercahaya.

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Buah naga adalah buah yang tepat untuk membantu pola diet. Bagi yang sedang menjalani diet untuk menjaga berat badan ideal, buah naga bisa dimasukan ke dalam menu camilan atau sarapanmu.

Karena buah naga kaya akan serat serta rendah kalori, yang bisa membuatmu cepat merasa tanpa perlu takut bertambah berat badan. Selain itu, seratnya yang banyak juga dapat membantu pencernaan menjadi semakin lancar.

  1. Sumber Folat

Salah satu zat penting yang terkandung dalam buah naga untuk ibu hamil adalah folat. Salah satu jasa folat bagi wanita hamil adalah membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf bayi.

Dengan demikian, kecukupan folat untuk wanita hamil sangat penting untuk diperhatikan dan buah naga adalah salah satu yang bisa diandalkan.

  1. Mencegah Anemia selama Kehamilan

Pembentukan sel darah merah pada tubuh didukung melalui asupan zat besi. Buah naga adalah buah yang mengandung banyak zat besi.

Zat besi akan diubah menjadi sel darah merah, sehingga bermanfaat bagi wanita hamil yang cenderung mengalami anemia.

Hal ini juga sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Karena janin membutuhkan oksigen dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan, sel darah merah memiliki peran penting dalam proses ini.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah naga yang perlu diketahui. Bangun pola hidup sehat dengan rajin makan buah dan sayur. Selain enak dikosumsi, nutrisi yang terkandung pada buah dan sayur juga mampu menjaga tubuhmu senantiasa sehat.  ( Sumber tokopedia )

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.