Beranda Perbankan Beberapa Rumus Perhitungan Bunga Pinjaman

Beberapa Rumus Perhitungan Bunga Pinjaman

18
0

Kotamobaguonline.com Senin, 24/08/2020- Kebutuhan masyarakat bermitra dengan pihak bank dari waktu-waktu sudah sangat tinggi frekfensi kebutuhannya, kali ini akan kami sajikan beberapa perhitungan rumus bunga pinjaman bank sebagai refernsi bagi Anda yang akan menggunakan pihak sebagai mitra kerja sehingga Anda dapat menghitung cicilan Bank, adapun beberapa perhitungan bunga bank sebagai berikut :

  1. Perhitungan Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah perhitungan bunga pinjaman yang paling mudah. Dengan menggunakan perhitungan bunga flat, Anda akan membayar cicilan pokok dan bunga jumlah yang sama setiap bulannya.

Perhitungan ini biasanya dipakai untuk mengitung bunga pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan. Suku bunga flat jufa disebut sebagai suku bunga tetap dimana plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara seimbang sesuai dengan jangka waktu kredit.Nilai bunga akan tetap sama setiap bulannya karena dihitung berdasarkan persentasi bunga yang dikalikan dengan pokok pinjaman ditambah bunga setiap bulan.

Rumus perhitungannya:

Bunga Perbulan = (P x l x t) / jb

Keteragan:

P = pokok pinjaman

l = suku bunga

t = jumlah jangka waktu kredit

jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

  1. Pehitungan Suku Bunga Efektif

Perhitungan suku bunga efektif atau dikenal juga sebagai sliding rate merupakan perhitungan bunga pinjaman yang dilakukan pada setiap akhir periode cicilan. Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya.Bunga dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayarkan oleh si peminjam. Dengan begitu jumlah besaran bunga tiap bulannya akan berubah-ubah sesuai dengan nilai pokok yang belum dibayarkan tersebut.

Nilai bunga yang dibayarkan oleh peminjam akan berkurang setiap bulannya sehingga cicilannya pun akan mengecil dari waktu ke waktu.Cicilan bulan kedua akan lebih kecil daripada bulan cicilan bulan pertama, cicilan bulan ketiga lebih kecil daripada cicilan bulan kedua, dan begitu seterusnya.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:

SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

  1. Perhitungan Suku Bunga Anuitas

Perhitungan suku bunga anuitas adalah sebuah bentuk modifikasi dari perhitungan bunga pinjaman efektif. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam membayar cicilan tiap bulannya.Perhitungan bunga pinjaman ini menentukan besaran cicilan tiap bulan dengan jumlah yang sama namun komposisi bunga dan pokok cicilannya akan berubah-ubah setiap periodenya.

Nilai bunga perbulan akan berkurang namun cicilan pokoknya akan membesar. Perhitungan bunga ini membuat porsi di masa awal pinjaman menjadi sangat besar namun lambat laun akan mengecil di masa akhir pinjaman.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = SP x i x (30 / 360)

Keterangan:

SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga pertahun

30 = jumlah hari dalam sebulan

360 = jumlah hari dalam setahun

Catatan: Rumus perhitungan bunga anuitas sama dengan rumus perhitungan bunga efektif

  1. Suku Bunga Pinjaman Floting Rate

Untuk Anda yang mengajukan suku bunga pinjaman dengan suku bunga floting rate biasa bank akan menyampaikan suku yang berlaku untuk 3 bulanan yang harus Anda bayar akan diinformasikan sebelumnya sebagai contoh 3 bulan kedepan suku yang berlaku 1 % atau 1,5 % perbulan untuk tiga bulan kedepan. Sebaliknya bila ada penurunan tingkat suku bunga pihak bank akan memberitahukan kepada nasabahnya.

Itulah rumus perhitungan bunga pinjaman yang biasa digunakan pada setiap produk pinjaman Bank. Dengan mengetahui rumus perhitungan bunga pinjaman tersebut Anda bisa mengetahui cicilan pembayaran pinjaman yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Dengan begitu Anda pun bisa mempersiapkan keuangan Anda sejak jauh-jauh hari, agar pada saat periode cicilan pinjaman Anda bisa melunasinya dengan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank.

Anda pun tidak perlu takut terjerat bunga pinjaman yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Referensi Perbankan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.