Beranda Pendidikan Tokoh Inspirasi Indonesia Yang Berprestasi Di Bidang Akademis

Tokoh Inspirasi Indonesia Yang Berprestasi Di Bidang Akademis

6
0

mendapatkan beasiswa LPDP di kampus terbaik dunia? Mungkin banyak yang belum tahu kalau ada selebriti muda Indonesia yang sukses meraih prestasi akademis. Siapa saja mereka? Simak ulasan dibawah ini.

Tokok Inspirasi Indonesia yang Meraih Prestasi Akademis

Banyak yang menganggap bahwa selebritis di Indonesia tidak semua berprestasi, mereka hanya bermodalkan kecantikan dan ketampanan yang mereka miliki. Tetapi, agaknya pemikiran tersebut salah, karena tidak semua selebritis Indonesia tidak berprestasi. Bahkan ada yang mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di universitas ternama dunia, lho dan patut dijadikan tokoh inspirasi Indonesia.

  1. Tasya Kamila

Wanita mungil yang bernama lengkap Shafa Tasya Kamila, merupakan penyanyi cilik Indonesia yang populer dengan lagu-lagu seperti Anak Gembala, Libur Telah Tiba, Paman Datang dan masih banyak lagi.

Selain piawai bernyanyi, Tasya juga berprestasi dalam bidang akademis. Wanita berusia 27 tahun ini berhasil mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi S2 di Colombia University New York pada tahun 2016. Sebelumnya, Tasya berhasil lulus dari fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan predikat cum laude. Tokoh inspirasi Indonesia ini juga berhasil menjadi mahasiswi dengan masa studi paling singkat yakni 3,5 tahun, keren ya!

Pada saat berkuliah di Amerika Serikat, Tasya Kamila aktif berbagi vlog seputar kehidupan pribadi dan pengalaman berkuliahnya yang diunggah dalam channel YouTube-nya.

  1. Cinta Laura

Tokoh Inspirasi Indonesia berikutnya adalah Cinta Laura. Siapa yang tidak mengenal Cinta Laura, selebriti yang terkenal dengan logat bule dan kalimat “Udah becek, gak ada ojek” ini, merupakan gadis blasteran keturunan Jerman – Indonesia. Cinta sukses membuktikan dirinya tidak hanya modal cantik yang dimilikinya, tapi juga punya prestasi akademik yang memukau.

Sama dengan Tasya Kamila, Cinta juga mengenyam pendidikan di Columbia University dan lulus dengan predikat cum laude! Tidak tanggung-tanggung Cinta mengambil dua jurusan sekaligus yaitu Psilokologi dan Sastra Jerman. Dan yang lebih membanggakan lagi, Cinta lulus dengan IPK nyaris sempurna yakni 3,9 dengan masa studi hanya 3 tahun saja. Saat berkuliah, Cinta sempat menjadi asisten dosen psikologi di kampusnya, lho. Bahkan selepas kuliah, Cinta langsung mendapat tawaran beasiswa lanjutan Marshall and Rhodes di Oxford University, Inggris. Tidak heran Cinta pantas dijadikan wanita inspiratif 2018 Indonesia yang membanggakan.

  1. Maudy Ayunda

Untuk para penikmat musik pop, nama Maudy Ayunda mungkin sudah tidak asing lagi. Gadis cantik kelahiran 19 Desember 1994 yang multitalenta ini sukses membuktikan dirinya tidak cuma jago akting dan bermusik, tapi juga berprestasi di bidang akademik. Catatan prestasi yang diraih Maudy patut diacungi jempol. Pasalnya, dia berhasil diterima melanjutkan studi di beberapa universitas ternama dunia. Kampus yang menerima Maudy pun gak main-main, lho! Diantaranya Oxford University, Columbia University, Brown University  Luar biasa banget kan!

Maudy memilih melanjutkan pendidikannya di Oxford University, jurusan PPE (Philosophy, Politics, and Economics). Tidak cuma jadi mahasiswa yang sekedar berkuliah, Maudy juga aktif berorganisasi dan sempat menjabat sebagai Head of Speaker, yang bertugas mengundang pembicara untuk acara-acara yang ada. Gadis berusia 24 tahun ini sempat menjadi pembicara termuda di forum global The Regional Conference Evaluate the Millennium Development Goals and Looks to Creating a Fondation for the Post 2015 di Bali. Dalam forum tersebut, Maudy mempresentasikan tentang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di hadapan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pemimpin dunia lainnya.

Belum lama ini Maudy mengumumkan di akun instagramnya bahwa ia diterima untuk melanjutkan studi S2-nya di Standford University, Amerika Serikat. Sangat membanggakan.

  1. Gita Gutawa

Penyanyi muda Indonesia yang terkenal dengan suara khasnya, Gita Gutawa berhasil membuktikan dirinya tidak cuma berprestasi dalam bidang tarik suara tapi juga berprestasi dalam bidang akademik. Gadis kelahiran 11 Agustus 1993 ini sempat mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi, Birmingham University, UK dan memilih vakum beberapa waktu untuk fokus dengan pendidikannya. Gita terkenal dengan lagu-lagunya yang berjudul Bukan Permainan, Sempurna, Harmoni Cinta, Kembang Perawan, dan masih banyak lagi.

Setelah sukses dengan studi S1-nya, Gita langsung melanjutkan studi S2 di London School of Economics (LSE), Inggris, jurusan Culture and Society. Gita melanjutkan studi S2 dengan program beasiswa yang didapatkan karena prestasinya yang gemilang. Ketertarikan Gita di bidang ekonomi kreatif bukan tak beralasan. Gita mengungkapkan dirinya bercita-cita untuk memberikan kontribusi lebih untuk Indonesia. Salut sama gadis ini!

  1. Isyana Sarasvati

Musisi muda kebanggaan Indonesia yang lahir di Bandung, 2 Mei 1993 ini sukses berkarir di bidang musik. Ketertarikannya di dunia musik, membuat Isyana mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura saat usianya baru 16 tahun. Isyana mendapatkan beasiswa karena prestasi yang diraih dalam kompetisi tingkat dunia. Tahun 2013, Isyana berhasil memperoleh predikat cum laude dengan gelar diploma di Singapura. Isyana mendapatkan beasiswa kembali untuk melanjutkan pendidikannya di Royal College of Music di Inggris. Di sana, ia juga berhasil mendapat predikat cum laude, hebat ya! Isyana berhasil membuktikan dirinya sebagai perempuan yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Tokoh Inspiratif Pendidikan Untuk Millennials Bahwa Pendidikan Itu Penting

Disela-sela jadwal pekerjaan yang padat atau tekanan hidup sebagai selebriti, mereka berhasil membuktikan bahwa mereka juga bisa berprestasi dengan luar biasa dengan kemampuan mereka sendiri.  Sobat, kamu bisa belajar dari kelima tokoh inspirasi Indonesia bahwa pendidikan merupakan suatu hal penting yang harus kamu kejar di usia mudamu. Karena pendidikan adalah ilmu yang tidak akan pernah ada habisnya. Kamu juga pasti bisa seperti mereka, asal mempunyai tekad dan motivasi yang kuat. Jangan berhenti belajar dan jadilah yang terbaik dari yang tebaik. Semangat terus ya!

( Sumber Juwita Rachmayanti, TunaiKita )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.