Aplikasi SiPeTARUNG Diluncurkan Pemerintah Kotamobagu

9 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Bertempat di aula Bappelitbanda, Jumat (23/8/19) Pemerintah Kota Kotamobagu luncuran Aplikasi Sistem Perencanaan Berbasis Tata Ruang (SiPeTARUNG).

Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengatakan SiPetarung merupakan pedoman untuk mempermudah dalam mengarahkan, memantau serta mengevaluasi rencana pembangunan perangkat daerah, sehingga nantinya tetap mengacu pada rencana tata ruang wilayah.

“Sebab rencaa tata ruang disusun untuk menjaga keserasian pembangunan antar sektor dalam rangka penyusunan program pembanguna daerah. sehingga Pemerintah Kotamobagu dalam pelaksanaan pembangunan harus selalu mengacu pada arahan didalam rencana tata ruang wilayah Kotamobagu,” ujar Nayodo.

Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut, pembangunan daerah di wilayah Kotamobagu akan menjadi lebih terarah, efektif dan efesien. Data dan informasi yang akurat dan valid adalah keniscayaan yang harus tersedia demi perencanaan pembangunan daerah berbasis pemetaan digital.

“Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kotamobagu harus selalu mempuyai basis data (Data Base) yang terpecaya, valid, dan senantiasa diperbaharui (Uptodate),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda, Sofyan Mokoginta, mengatakan Bappelibangda Kotamobagu dalam hal ini sebagai instansi yang berfungsi melakukan pembinaan berupa dukungan teknis yaitu mengarahkan, pemantauan serta melakukan fungsi evaluasi sehingga tahapan perencanaan pembangunan daerah berjalan sebagaimana mestinya yaitu sesuai dengan arahan RTRW.

“Adanya kebijakan ini diharapkan dapat membantu kinerja Perangkat Daerah, sehingga membuat pembangunan daerah menjadi lebih terarah, efektif dan efisien,” terang Sofyan.

Menurutnya, dalam pengembangan kedepan, rancangan informasi spasial berbasis perangkat daerah atau sektoral merupakan solusi untuk melengkapi kebutuhan informasi spasial pada SiPeTARUNG.

“Produk informasi yang dihasilkan nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi dan kebijakan sebagai bahan penyusunan program kerja pemerintah daerah yang berkelanjutan,” jelasnya.

Dalam peluncuran dan sosialisasi SiPetarung dihadiri oleh Pimpinan OPD, serta Pelaku Bisnis yang ada di Kotamobagu.

 

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hakim PN Kotamobagu Akhirnya Putus Bebas Gusri Lewan

Pelabuhan PT CONCH Dan Labuan Uki Bolmong Resmi Jadi Tempat Pemeriksaan WNA

Related posts
Your comment?
Leave a Reply