Beranda Kotamobagu 10 Desa Di Kota Timur-Utara Segera Melaksanakan Pemilihan BPD

10 Desa Di Kota Timur-Utara Segera Melaksanakan Pemilihan BPD

6
0

Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Sebanyak 10 Desa yang ada di Kecamatan Kotamobagu Utara dan Kecamatan Kotamobagu Timur, akan segera melaksanakan Pemilihan Badan Pertimbangan Desa atau BPD.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pemerintah Desa dan Kelurahan, Wiwi Anita Sabunge. Menurutnya, jadwal pemilihan BPD akan dilaksanakan pada triwulan II Tahun 2020.

“Akan tetapi untuk pengesahannya di bulan April tahun 2021 mendatang, hanya saja pelaksanaan pemilihan BPD ditahun ini,” kata Anita Sabunge, Senin (10/02/0/2020) pagi tadi.

Lebih lanjut dikatakan Anita Sabunge, dalam tahapan pemilihan BPD yang pertama akan dilakukan oleh Pemerintah Desa adalah pembentukan panitia sebanyak 11 orang.

“Yakni pembentukan panitianya, 3 orang dari unsur perangkat desa dan 8 orang dari unsur tokoh masyarakat. Dan disetiap dusun harus mengutus 1 orang yang nantinya akan dipilih oleh masyarakat,” ujar Anita Sabunge.

Sementara kata Anita, untuk kriteria pendidikan bagi peserta yang akan ikut pada pemilihan BPD, minimal berijazah SMP.

“Karena BPD ini adalah sebuah lembaga yang ada di Pemerintahan Desa sehingga tidak harus dituntut kriteria pendidikanya,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh panitia pelaksana pemilihan BPD untuk bebas dari Nepotisme.

“Sebab kita akan verifikasi hasilnya, jika kedapatan ada unsur lain, maka akan ada sanksi yang kita berlakukan seperti pembatalan,” tutupnya.

Diketahui, 10 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan BPD, antara lain, Desa Bilalang I, Desa Bilalang II, Desa Pontodon Induk, Desa Pontodon Timur, Desa Sia, Desa Kobo Kecil, Desa Moyag, Desa Moyag Todulan, Desa Moyag Tampoan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.