Beranda Ekonomi & Bisnis 5 Tips Membuka Usaha Sembako Untuk Para Pemula

5 Tips Membuka Usaha Sembako Untuk Para Pemula

12
0

Kotamobaguonline.com Kamis, 01/10/2020 Redaksi -Membuka usaha sembako merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Selain mudah dalam menjalankannya, usaha sembako juga bisa dijalankan dalam skala besar maupun kecil. Usaha ini masuk dalam kategori usaha yang tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan sembako sendiri merupakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan semua orang.

Usaha ini memang menjanjikan beberapa keuntungan yang menarik jika dijalankan dengan baik dan benar. Sebagai seorang pemula, ada beberapa tips membuka usaha sembako yang harus Anda tahu. Apa saja tips terbaiknya? Berikut penjelasannya!

  1. Rencanakan Usaha Secara Matang
    Jika Anda ingin membuka usaha kecil-kecilan tetapi bingung ingin membuka usaha apa, salah satu jenis bisnis yang rekomendasi bagi Anda adalah menjalankan bisnis sembako. Tidak perlu modal yang terlalu besar untuk menjalankan bisnis ini, karena usaha sembako sendiri bisa dijalankan dalam skala kecil maupun besar tergantung seberapa banyak modal yang Anda miliki.
    Anda juga bisa menjalankan bisnis ini di rumah sendiri, sehingga banyak sekali ibu-ibu yang mencoba membuka usaha sembako karena selain modalnya yang terjangkau juga tidak perlu keluar rumah dan tetap bisa menjaga dan mengawasi anak sebagai peran utamanya.
    Meskipun kelihatannya mudah, namun bagi para pemula, menjalankan bisnis ini tidak semudah yang Anda kira. Tetap saja membuka bisnis sembako tidak bisa dijalankan secara asal-asalan. Sebagai salah satu tips pertamanya adalah Anda harus memiliki perencanaan yang matang sebelum membuka usaha ini.
    Meski terdengar simple namun faktanya banyak juga orang yang membuka usaha sembako namun akhirnya gulung tikar meski sudah memulainya dengan modal yang besar. Hal ini tentunya karena ada beberapa permasalahan yang tidak dapat diatasi atau bisa juga karena tidak ada persiapan yang matang sebelum menjalankan bisnis ini.
    Salah satu masalahnya adalah kurangnya perencanaan dengan baik sebelum memutuskan membuka usaha. Kurangnya pemahaman tentang bisnis sembako serta perhitungan yang kurang baik menjadi dua alasan utama penyebab terjadinya kegagalan usaha sembako.
    Apapun bisnis yang akan Anda jalankan, sebaiknya lakukan perencanaan secara matang terlebih dahulu agar tidak terjadi kegagalan yang tidak pernah diinginkan.
    Perencanaan usaha sembako mirip dengan usaha lainnya yaitu meliputi riset pasar, produk yang akan dijual, modal untuk memulai usaha, darimana supply dagangan didapatkan, mempersiapkan diri apabila menemui risiko yang mungkin dihadapi, keuntungan yang hendak dicapai serta perkembangan usaha sembako.
  2. Lakukan Riset Pasar
    Setelah Anda membuat perencanaan dengan matang, lanjutkan dengan melakukan riset pasar. Mengapa harus bersusah payah melakukan riset pasar? Langkah ini penting untuk Anda lakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha sembako yang akan Anda jalankan. Apakah memiliki target kesuksesan yang baik ataukah tidak.
    Riset pasar yang perlu Anda lakukan meliputi tingkat persaingan yang terjadi, lokasi usaha, serta perilaku konsumen. Anda perlu mengetahui seberapa besar persaingan dari usaha sejenis yang akan Anda jalankan, dan sudah berapa banyak orang yang membuka usaha sembako di daerah sekitar Anda.
    Jangan lupa juga riset lokasi usaha dimana sekiranya tempat terbaik yang cocok untuk menjalankan bisnis usaha sembako Anda. Usahakan Anda menemukan tempat yang strategis yang mudah dituju calon konsumen Anda.
    Mengamati perilaku konsumen juga hal yang penting untuk Anda lakukan. Bagaimana respon masyarakat terhadap toko sembako yang sudah ada. Apakah masyarakat memiliki respon yang baik atau tidak, misalnya apakah banyak masyarakat yang menggalakan budaya hutang atau tidak dan sebagainya.
  3. Perhitungan Modal yang Tepat
    Selain melakukan perencanaan dan riset pasar, Anda juga harus mampu melakukan perhitungan modal dengan tepat agar tertuju pada sasaran usaha. Sebagai contoh jika Anda ingin membuka usaha sembako di rumah, sekiranya garasi rumah Anda cukup untuk dijadikan tempat menyimpan barang-barang sembako.
    Lain halnya jika Anda membuka usaha sembako di tempat lain dengan tujuan konsumen yang lebih luas sehingga Anda harus mampu memperkirakan setiap usaha yang dibutuhkan misalnya untuk membeli produk dagangan, sewa tempat dan perlengkapan pendukung lainnya.
  4. Perhatikan Tata Letak Barang
    Tips yang keempat ini juga penting untuk Anda perhatikan. Tata letak barang sembako juga memiliki pengaruh terhadap daya minat calon konsumen Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana mengatur tata letak barang-barang sembako dengan baik dan menarik, Anda bisa mencari beberapa referensinya di jaringan internet.
    Ada banyak sekali tips usaha yang bisa didapatkan dan dipelajari dengan mudah hanya menggunakan smartphone.
  5. Perhatikan Kebersihan Lokasi
    Masalah kebersihan lokasi usaha juga menjadi suatu hal yang mutlak harus mendapat perhatian khusus dan tidak boleh diremehkan. Meski hal ini terdengar sepele, tetapi tingkat kebersihan tempat usaha sembako Anda memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat calon konsumen.

Itulah beberapa tips terbaik yang harus Anda tahu ketika ingin membuka usaha sembako bagi pemula. Dengan mengetahui beberapa tips di atas tentunya Anda sudah tidak bingung lagi kan apa saja hal-hal penting yang harus Anda persiapkan dan perhatikan dalam menjalankan usaha sembako ini agar berjalan sesuai yang diinginkan. ( Sumber fastpay )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.