Sekda Resmi Buka Diklatsar 218 CPNS Bolmong

30 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dilaksanakan di gedung Bagas Raya Yayasan Yadika, Desa Kopandakan, secara resmi dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM. Rabu (09/10/2019).

Dalam pelaksanaan Latsar ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong telah bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan, meski sudah dinyatakan lulus sebagai CPNS Bolmong, tapi diwajibkan harus mengikuti Diklatsar, dikarenakan  Diklatsar merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting.

“Iya, Diklatsar ini dapat membentuk karakter Abdi Negara mereka, juga mengajarkan bagaiman para CPNS untuk bekerja serta mereka juga dilatih untuk mencari inovasi baru.  Selain itu Diklatsar CPNS juga dapat mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi,”ungkapnya.

 

Lanjut, Sekda menjelaskan, dalam kegiatan ini, CPNS diminta mampu menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Diharapkan para peserta dapat mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diklat dan Pengembangan Aparatur, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, Ahmad Ijabu mengatakan, kegiatan itu akan berlangsung selama 51 hari kerja atau 511 jam pelajaran.

“Ya, selama 21 hari pembelajaran klasikal atau on campus dan 30 hari non klasikal atau off campus (habituasi),” sebut Ijabu saat menyampaikan laporan panitia pada pembukaan Latsar.

Dia menjelaskan, untuk pembelajaran klasikal dilaksanakan di Yadika. Sementara untuk non klasikal pelaksanaannya di instansi unit kerja masing-masing CPNS.

Menurutnya, Latsar untuk CPNS 2019 dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan pertama dimulai per tanggal 10 Oktober sampai dengan 7 Desember 2019. Sementara angkatan kedua dimulai pada 31 Oktober sampai 28 Desember 2019.

“Ada 108 peserta untuk angkatan pertama yang terbagi dalam tiga Kelas dimana masing-masing kelas berjumlah 36 peserta. Sedangkan angkatan kedua berjumlah 110 peserta yang terbagi dalam 3 kelas terdiri dari 2 kelas berjumah 37 peserta dan l kelas berjumlah 36 peserta,” jelasnya.

Disisi lain, Kepala BKPP Bolmong, Umaruddin Amba menambahkan, pelaksanaan Latsar berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan  Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

“Itu ditambah dengan surat Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Makassar nomor 893.3 / 140.1 / PPSDM-MKS perihal Fasilitasi Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS 2019,” tuturnya.

Sekadar dimetahui, hadir pada pembukaan, perwakilan PPSDM Makassar Muhammad Khaidir, Asisten II Setdakab Bolmong Ashari Sugeha, para pimpinan OPD dan ASN, serta 218 CPNS Bolmong. (Jr/Adve)

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Penuhi Kebutuhan Masyarakat, DKP Bolmong Terus Gelar Program Pasar Murah

Angin Kencang Kembali Rusak Satu Unit Rumah di Pantura Bolmong

Related posts
Your comment?
Leave a Reply