I Wayan Mudiyasa : Ini Cara Medidik Murid Baru Dalam Kegiatan PLS dan MOS

30 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Untuk mendidik siswa dan siswa yang baru masuk sekolah, baik di tinggkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), I Wayan Mudiyasa memberikan beberapa tips kepada guru-guru yang ada di tingkatan sekolah tersebut.

Menurutnya, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), semua siswa akan terlebih dahulu mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau biasa di sebut Masa Orientasi Siswa (MOS).

“Nah dalam kegiatan PLS atau MOS ini, diharapkan kepada semua guru-guru, agar dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan mendidik, jangan di isi dengan kegiatan yang terkesan menyeramkan,” ungkap I Wayan Mudiyasa yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura ini. Senin, (15/07/2019).

Lanjutnya, dalam merancang kegiatan PLS atau MOS yang menarik dan mendidik, lakukan beberpaa cara ini. Pertama, dalam pelaksanaan kegiatan PLS atau MOS. Guru-guru harus banyak menyampaikan tujuan visi dan misi sekolah.

“Kedua, bentuklah panitia teladan yang bertanggung jawab, dimana cara ini, bertujuan untuk membentuk mental kepanitiaan dengan  menumbuhkan semangat dalam PLS atau MOS. Dan yang  ketiga, berikan materi yang bermamfaat, dimana materi yang diberikan harus fokus pada akademik dan non akademik, seperti pemahaman visi dan misi, peraturan sekolah, eskul, ajang prestasi sampai pada kebiasaan kehidupan sekolah,” kata I Wayan.

Sambungnya, keempat, guru-guru harus melihat batas ketegasan panitia yang tidak boleh melebihi batas kewajaran seperti mendorong secara kasar, pemukulan ataupun melakukan sesuatu apapun yg bisa membahayakan keselamatan juniornya.

“Yang kelima, pihak sekolah harus tahu karekter dan perkembangan siswa dalam kegiatan PLS atau MOS ini, sehingga dapat menegur panitia bila melakukan tindakan diluar kewajaran. Dan yang terkahir, keenam tidak lanjut, dimana, setelah berakhirnya kegiatan tersebut, panitia perlu melakukan tindak lanjut sebagai koreksi untuk kegiatan PLS atau MOS pada tahun mendatang,” jelasnya. (Jr).

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pererat Kerjasama, LKBN Antara Akan Pasang Videotron dan TVC di Bolmong

Pohon Tumbang dan Satu Unit Rumah Di Pesisir Pantura Bolmong Rusak

Related posts
Your comment?
Leave a Reply