Cegah Wabah Covid-19, Pemkab Bolmong Siapkan Dana Miliaran Rupiah

65 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Dalam rangka pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) telah menyiapkan anggaran tak terduga, untuk kebutuhan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang.

Hal itu, sebagaimana yang dikatakan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow bahwa, dirinya telah meminta kepada Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, untuk menyiapkan anggaran dalam penanganan dan pencegahan wabah Covid-19 di wilayah Bolmong.

“Ya, saya telah meminta kepada Kaban BKD, untuk menyiapkan anggaran, seberapapun yang dibutuhkan oleh Dinkes dan RSUD Datoe Binangkang dalam penanganan dan pencegahan wabah Covid-19 di wilayah Bolmong,” ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati juga telah meminta kepada Kadis Dinkes Bolmong, untuk tahap awal menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 2000 pasang.

“Saya meminta untuk menyiapkan semua itu, baik itu APD, masker, dan repites sesuai dengan kebutuhan Dinkes, RSUD Datoe Binangkang dan Puskesmas-puskesmas yang ada di Bolmong,” ucap Bupati.

Bahkan, sambung Bupati, di setiap desa akan disiapkan alat untuk mengukur suhu tubuh, serta menyiagakan para tim medis dan tenaga medis.

“Nantinya, para tim medis ini akan memonitor langsung pasien-pasien yang ODP dan PDP yang harus segera di tangani,” beber Bupati.

Tambah Bupati, meskipun RSUD Datoe Binangkang bukan RS rujukan pasien Covid-19, namun dirinya juga telah meminta kepada Direktur RSUD Datoe Binangkang untuk meyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan, baik itu ruangan dan ventilator yang dibutuhkan pasien Covid-19.

“Intinya segala sesuatu kami siapkan, guna mencegah segala kemungkinan terkait wabah Covid-19 ini,” ucap Bupati.

Untuk itu, sambung Bupati melalui anggaran dan segala upaya yang disiapkan Pemkab, diharapakan tidak ada masyarakat Bolmong yang menjadi Suspect Covid-19.

“Harapan dan doa kita semua, Insya Allah tidak ada Rakyat Bolmong yang menjadi Suspect Covid-19, karena dalam pencegahan wabah Covid-19, kita betul-betul melakukan segala daya dan upaya, termasuk menyiapkan anggaran, seberapapun yang di butuhkan oleh Dinkes dan RSUD-DB Bolmong,” tutur Bupati.

Sebelum itu, Kepala BKD Bolmong, Rio Lombone, saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp menuturkan, bahwa Pemkab Bolmong telah menyiapkan anggaran sebesar 5 Miliar untuk pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di wilayah Bolmong.

“Ya, untuk sementara, anggaran yang sudah ready sebesar 5 Miliar, anggaran tersebut di ambil dari Belanja Tidak Terduga (BTT) dan DAK Fisik Kesehatan. Namun, pada prinsipnya berapapun dana yang dibutuhkan Dinkes dan RSUD Datoe Binangkang, BKD selalu siap,” tegas Rio Lombone. (Jr)

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

SKB CPNS Bolmong di Tunda, Hingga Keluarnya Surat Resmi Dari Menpan-RB

Pemkab Bolmong dan KKP Kelas III Bitung Sidak Pelabuhan PT CNSC

Related posts
Your comment?
Leave a Reply