Bupati Apresiasi Kegiatan Kemah Bakti VI Gerakan Pramuka Kwarcab Bolmong Tahun 2019

44 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG— Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow secara resmi membuka Kemah Bakti VI Gerakan Pramuka Kwarcab Bolmong tahun 2019 yang dirangkaikan dengan apel besar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-58. Selasa (29/10/2019) di Bumi perkemahan Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Bolmong.

Kegiatan Kemah Bakti VI Gerakan Pramuka Kwarcab Bolmong kali ini, mengambil tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Dimana pembukaannya diawali dengan penampilan tari Puspanjali, yang ditampilkan oleh Gugus Depan (Gudep) SDN 3 Werdi Agung, sebagai tari penjemput tamu

Sebelum membuka secara resmi kegiatan ini, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Bolmong, dalam sambuntanya menyampaikan, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang sangat baik ini, dalam rangka menciptakan kader-kader pramuka, sebagai pewaris dan penerus kepemimpinan dimasa yang akan datang.

“Tak lupa juga, saya menyampaikan ucapat Selamat HUT Pramuka ke-58 di tahun 2019 ini, semogah diusia ke-58 kali ini, gerakan pramuka semakin menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia lebih khusus bagi generasi muda Kabupaten Bolmong,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati, Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun pendidikan dalam lingkup keluarga. “Kegiatan gerakan pramuka ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin, Persaudaraan, keterampilan, bakti kepada orang tua, guru dan masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini terus kita tingkatkan,” beber Bupati.

Sambung Bupati, gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal, sekaligus menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela Negara serta berpegang teguh pada tri satya dan dasa darma pramuka.

“Selain itu, gerakan pramuka merupakan sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa, yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler diluar sekolah, tempat menempat keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin serta membina semangat kebersamaan,” jelas Bupati.

Untuk itu, bupati mengajak, agar kemah bakti kali ini dijadikan sebagai sarana belajar, berkaryan, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa, lebih khusus sesama anak-anak Bolmong serta manfaatkanlah kegiatan untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan antar sesama anggota pramuka.

“Maka, ikutilah seluru kegiatan perkemahan ini, serap semua pengalaman, pengetahuan dan keterampilan seluas-luasnya, sehingga ketika kegiatan ini selesai, adik-adik anggota pramuka dapat menyebarkan dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada teman-teman di sekolah masing-masing,” harap Bupati.

Tambahnya, tanamkan kebanggan sebagai anak Indonesia. Giatlah belajar dengan tekun, dan rajin tingkatkan ketaatan beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olah raga, hormati orang tua dan guru-guru kalian serta perertat persahabatan dan keakraban sesama teman.

“Untuk itu, jadilah remaja yang aktif, kreaktif dan enerjik, jauhi kegiatan yang tidak bermamfat dan merusak masa depan, serta ajaklah rekan-rekan untuk mengisi kegiatan dan waktu luang diluar jam sekolah dengan kegiatan yang bermamfaat, yang dapat dijadikan bekal jika dewasa nanti serta persiapkan diri dengan baik untuk menjadi pemimpin di Daerah yang tercinta ini, dimasa yang akan datang,” ungkap Bupati.

Sebelum mengakhiri amanatnya dan secara resmi membuka kemah bakti VI. Bupati juga menyampaikan pesan secara khusus kepada Ketua gerakan pramuka kwarcab Bolmong agar terus melaksanakan revitalisasi gerakan pramuka.

“Berikan dukungan dan fasilitas, baik bagi pembentukan gugus depan berbasis sekolah maupun komunitas di seluruh pelosok daerah di Kabupaten Bolmong. Kedepankan prinsip dan metode kepramukaan yang universal. Perkokoh gerakan pramuka sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa,” pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan penganugerahan penghargaan kepada anggota gerakan pramuka yang memenuhi persyaratan untuk menerima lencana pancawarsa oleh kwartir daerah gerakan pramuka Sulut.

Mereka yang menerima lencana pancawarsa adalah Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk selaku Wakil Ketua Mabincab gerakan pramuka Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, ketua DPRD Bolmong Welty Komaling selaku ketua kwarcab Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang selaku sekretaris mabincab pramuka Bolmong menerima lencana Pancawarsa IV, Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta selaku Andalan Cabang menerima lencana Pancawarsa I.

Diketahui, pelaksanaan Kemah Bakti VI tahun 2019 dimulai pada 28 Oktober hingga 3 November dengan peserta merupakan siswa SD, SMP, dan SMA se-Bolmong yang di mana SD/MI sebanyak 176 sekolah, SMP sebanyak 57 sekolah, dan SMA/MA sebanyak 20 sekolah.  Peserta Penggalang SD/MI dan SMP terdiri dari 4.405 peserta, Penegak terdiri dari 417 peserta, dan Pembina/Pendamping terdiri dari 626 orang dengan total pembina dan peserta sebanyak 5.448 orang. (Jr/Adve)

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Aliansi Masyarakat Desa Bakan Siap Berjuang Untuk Kemakmuran Masyarakat

Ketua DPRD Sulut Dukung Penuh Kegiatan Archipelagic and Island States (AIS) Startup and Business Summit 2019

Related posts
Your comment?
Leave a Reply