Beranda Berita Utama Bacakan Amanat Kapolri, Bupati Yasti Irup Operasi Lilin 2020

Bacakan Amanat Kapolri, Bupati Yasti Irup Operasi Lilin 2020

57
0
Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Lilin Samrat Tahun 2020. (Foto: Istimewa)
Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Lilin Samrat Tahun 2020. (Foto: Istimewa)

Kotamoabguonline.com, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat Tahun 2020, dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021. Senin (21/12/2020) di halaman Kantor Bupati Bolmong.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow selain membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Azis, juga melakukan penyematan pemasangan pita kepada anggota yang akan bertugas dalam operasi Lilin tahun 2020 ini.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir tentang kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020, baik dari aspek personil, maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainya,” ucap Bupati.

Suasana Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat Tahun 2020. (Foto: Istimewa)
Suasana Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat Tahun 2020. (Foto: Istimewa)

Lanjut Bupati, hal ini dikarenakan Perayaan Natal dan Tahun Baru secara universal dirayakan masyarakat melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang dapat menyebabkan meningkatnya aktivitas pada pusat keramaian.

“Dengan terjadinya peningkatan aktivitas tersebut maka sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar, lantas, dan pelanggaran prokol kesehatan covid-19. Sehingga Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 selama 15 hari terhitung sejak tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 04 Januari 2021,” ujar Bupati.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru ini, sambung Bupati. Polri telah mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil Instansi terkait lainnya, mereka akan ditugaskan atau ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos pelayanan pengamanan dipusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal,bandara, pelabuhan dan lain-lain.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai operasi tahunan biasanya, yang cenderung Under Estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika dan perkembangan masyarakat. Perlu di ingat saat ini kita masih dalam susasana pandemi Covid-19, sehingga diperlukan keseriusan dan kepedulian lebih dalam menjalankan tugas ini, agar dalam perayaan Natal dan tahun baru nanti tidak menimbulkan klaster-klaster baru Covid-19,” kata Bupati.

Sambung Bupati, Berdasarkan Mapping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus di antisipasi diantaranya yakni ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi pengerusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tauran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor karena dampak musim penghujan.

“Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif, serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan karakteristik kerawanannya,” tutur Bupati.

Turut hadir dalam Apel tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk STh MM, Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana H SIK, para Asisten I, II dan III, dan Kepala-Kepala OPD. (Jr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.