Beranda Bolmong Akhir Tahun 2021, Pilkades Serentak di 95 Desa di Gelar

Akhir Tahun 2021, Pilkades Serentak di 95 Desa di Gelar

8
0
169 Desa di Bolmong Belum Ajukan Pencairan Dandes Tahap III
Ahmad Yani Damopolii

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan mengelar Pemilihan Sangadi/Kepala Desa (Pilkades) di akhir tahun 2021.

Menurut, Kepala DPMD Bolmong, Ahmad Yani Damopolii. Hampir dapat dipastikan belum ada pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akhir tahun ini, meski pun rata-rata masa jabatan mereka habis di akhir tahun ini.

“Hal itu dikarenakan, masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga pemilihan BPD di tunda. Tentu tertundanya pemilihan BPD ini berdasarkan surat dari Mendagri, dimana ada perpanjangan masa jabatan BPD hingga selesai Pandemi Covid-19 baru akan dilakukan pemilihan,” ujarnya. Rabu (12/08/2020)

Sementara itu, lanjutnya, untuk masa jabatan Sangadi/Kepala Desa, dirinya mengatakan ada 95 desa yang masa jabatannya juga akan segera berakhir.

“Ya, masa jabatan Sangadi di 95 desa tersebut rata-rata akan berakhir di bulan Januari 2022,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan pelaksanaan Pilkades di 95 desa tersebut digelar akhir 2021 mendatang.

“Jadi kami akan usulkan untuk Pilkades di akhir tahun 2021, sehingga tidak ada lagi peralihan kepemimpinan di desa tersebut, otomatis tidak ada lagi PJS,” beebrnya.

Dirinya menjelaskan, adapun untuk penganggarannya nanti, akan bersumber dari 2 mata anggaran, yakni APBD Bolmong dan APBDes di masing-masing desa yang melakukan Pilkades.

“Ini usulan kami, sehingga diperkirakan persentasenya, yakni 80 persen dari APBD dan 20 persen dari APBDes,” tuturnya. (Jr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.