30 Anggota DPRD Bolmong Resmi Diambil Sumpah Ingkrar Jabatan

12 Viewed Kotamobagu Online 0 respond

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – 30 calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) periode 2019-2024, resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatan. Selasa (10/09/2019) sore tadi, di ruang rapat paripurna DPRD Bolmong.

Pegambilan sumpah janji jabatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu Warsito SH. Dengan mengikrarkan pengabdian atas jabatan yang di emban, 30 Anggota Legislatif (Aleg) dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Bolmong, resmi mengemban tugas menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, selama lima tahun ke depan.

Sebelum diambil sumpah, dalam sidang tersebut Sekretaris DPRD Bolmong Yahya Fasa membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey sebagai hukum anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024.

Sekwan juga membacakan Surat Keputusan (SK) dari DPD PDI Perjuangan dan DPD Nasdem sebagai peraih suara terbanyak pada Pileg 2019 lalu, yang menyatakan penunjukan pimpinan sementara DPRD Bolmong.

Dalam SK tersebut diputuskan Welty Komaling dari PDIP ditunjuk sebagai Ketua Sementara DPRD Bolmong, sedangkan Sukron Mamonto dari Partai Nasdem, sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Bolmong.

Setelah diambil sumpah, Welty dan Sukron dipersilakan duduk di kursi pimpinan untuk melanjutkan sidang tersebut, bersama dengan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

Dalam sambutannya sebagai Ketua Sementara DPRD Bolmong, Welty Komaling mengucapkan terima kasihnya atas pengabdian anggota DPRD Bolmong periode 2014-2019.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas pengabdian yang diberikan ke Kabupaten Bolmong selama masa bakti lima tahun ini. Terima kasih juga kepada KPU dan penyelenggara pemilu. Apresiasi kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan hingga suksesnya pemilu legislatif 2019,” ungkap Welty.

Lanjutnya, dengan mandat yang telah diberikan kepada dirinya dan anggota DPRD lainnya, bisa memberikan nuansa yang harmonis bersama pihak eksekutif dalam hal ini Pemerintah.

“Mari kita sama-sama membangun Kabupaten Bolmong, dengan cara mewujudkan Bolmong hebat sesuai visi dan misi Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutanya, mengucapkan selamat dan sukses kepada 30 anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024 yang baru saja dilantik, dan terima kasih juga kepada para anggota DPRD bolmong periode 2014-2019 atas pengabdiannya selama lima tahun ini.

“Dengan mengemban amanah rakyat, 30 anggota DPRD Kabupaten Bolmong periode 2019-2024 yang baru saja dilantik, diharapkan bisa terus menjaga dan meningkatkan sinergita bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) guna mewujudkan Kabupaten Bolmong yang lebih hebat kedepan nanti,” ucap Bupati.

Bupati menjelaskan, hubungan antara Pemda dan DPRD Bolmong, merupakan hubungan kerja sama, yang kedudukannya setara dan bersifat kemitraan. Artinya Pemda dan DPRD memiliki kedudukan yang sama dan sejajar, dengan terjalinnya mitra kerja bersama antara Pemda dan DPRD Bolmong dalam membuat kebijakan di daerah ini.

“Kebijakan yang dimaksud adalah pelaksanaan otonomi daerah, sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan fungsi masing-masing Sehingga dapat terjalinnya hubungan kerja sama yang sinergi dan saling mendukung dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” kata Bupati.

Tambah Bupati, tugas anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024, salah satunya adalah melanjutkan tugas para wakil rakyat periode sebelumnya, yang dapat menghadirkan kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh anggota DPRD Bolmong yang baru dilantik, agar bersama-sama menyatukan gerak langkah ke depan, untuk membangun daerah ini, dalam mewujudkan Kabupaten Bolmong yang baldattun toyyibatun warabun ghafur, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tututnya.

Sekedar diketahui, dalam sidang pengambilan sumpah janji jabatan ini, turut dihadiri jajaran Pejabat Pemerintah Daerah, Forkopimda, Camat dan Sangadi serta ratusan masyarakat yang sengaja datang ke gedung DPRD Bolmong untuk melihat wakil mereka resmi duduk di kursi DPRD Bolmong. (Jr)

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kadis Kominfo Bolmong di Percayakan Jadi Salah Satu Pimpinan Dalam Munas I Forum Kadis Kominfo se-Indonesia

Ucap Syukur. Lesly Lanny Kaligis Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Panti Asuhan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply