Pemdes Tabang Pugar Makam Bogani Ponuak Jadi Tujuan Wisata

55 Viewed Samsu Melangi 0 respond
Pemdes Tabang Pugar Makam Bogani Ponuak Jadi Tujuan Wisata
Fritz Junius Dilapanga

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan, melakukan pemugaran terhadap Makam bersejarah Bogani Ponuak, yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Kotamobagu.

Sangadi Desa Tabang, Fritz Junius Dilapanga, kepada awak media mengatakan, pemugaran Makam Bogani Ponuak dilakukan dengan mengunakan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Tujuannya untuk melestarikan situs bersejarah yang ada di desa ini, agar selain menjadi objek wisata juga menjadi salah satu bukti sejarah pada anak cucu nanti.

Dilapanga juga menjelaskan, Bogani Ponuak adalah salah satu keturunan Raja Loloda Mokoagow, yang masa keboganiannya pada zaman kepemerintahan Raja Cornelius Manoppo sekitar tahun 1823 sampai 1829 Masehi.

“Bogani Ponuak merupakan salah satu panglima perang pada zaman kepemerintahan Raja Cornelius Manoppo sekitar tahun 1823 sampai 1829 Masehi,” imbuhnya.

Dikatakannya, konon Bogani Ponuak ini dikenal sebagai panglima perang berbadan sedang yang cerdas, kuat dan berwibawah, yang juga mewarisi sifat arif dan bijaksana pada zaman itu.

“Bogani Ponuak bagian tengah lidahnya tampak terbelah, bicaranya pun terdengar cadel, namun tetap jelas gamblang dan tegas, serta juga mewarisi ilmu pengobatan. Dia dapat menyembuhkan dirinya serta prajuritnya yang luka-luka atau mengalami sakit,” ungkap Sangadi Tabang.

kifly koto

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Ini Tiga Sektor Andalan Kota Kotamobagu

Ini Tiga Sektor Andalan Kota Kotamobagu

Wali Kota Cangankan Kampung KB Kotagatan Desa Tabang

Wali Kota Canangkan Kampung KB ke – 6 di Kotamobagu

Related posts
Your comment?
Leave a Reply