Beranda Berita Utama Panwas Kaidipang Klarifikasi Hasil Temuan Pelanggaran Pilkada Bolmut

Panwas Kaidipang Klarifikasi Hasil Temuan Pelanggaran Pilkada Bolmut

11
0
Panwas Kaidipang Klarifikasi Hasil Temuan Pelanggaran Pilkada Bolmut
Komisioner Panwascam Kaidipang, Kabupaten Bolmut.

Kotamobaguonline.com, BOLMUT — Sejak dilantik pada Oktober 2017 lalu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), langsung eksis jalankan fungsinya.

Kenyataannya temuan pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 di Kabupaten Bolmot, khusunya di Kecamatan Kaidipang, terdapat 52 temuan selang bulan Desember 2017 dan hingga Februari terdapat 208 temuan. 47 diantaranya adalah dugaan pelanggaran Pemilu oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), 4 dari kalangan Aparat Desa dan 1 orang dari Pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketua Panwascam Kaidipang, Abdul Muin Wengkeng SHut, kepada kotamobaguonline.com, Rabu (21/03/2018), mengatakan jika, mayoritas temuan yang berhasil di klarifikasi adalah ASN yang tersangkut pelanggaran di media sosial, diantaranya memberi komentar serta memposting hal-hal yang menguntungkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

“Sesuai dengan edaran Komisi Aparatur Sipil Negara yang bernomor B-2900/KASN/11/2017, bahwa ASN dilarang memposting foto pasangan calon, atau sekedar mengomentari dan memberi like di media sosial atau media online,” terangnya.

Muin juga menyampaikan bahwa keterlibatan ASN, Aparat Desa dan Pegawai BUMN masuk dalam ranah pelanggaran kode etik.

“Panwascam Kaidipag sudah mengundang dan meminta klarifikasi, mereka pun diberi himbauan untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Dan kami berharap, hal ini menjadi pelajaran bagi ASN, Aparat Desa, Pegawai BUMN/BUMD lainnya, agar tidak melanggar kode etik serta tetap menaati aturan yang berlaku,” tuturnya.

(ridwan lasamano)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.