November 2016 RSUD DB Pindah ke Lolak

599 Viewed Eka Pratama 0 respond
Watung Pinta Warga Bolmong Aktifkan Pos Keamanan
Adrianus Nixon Watung, Pj Bupati Bolmong

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Adrianus Nixon Watung SH, berupaya untuk memindahkan aktifitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang (DB), pada bulan November tahun 2016 ini.

“Saya akan berupaya pemindahan RSUD DB ke Lolak. Sebab melihat kondisi bangunan yang tersedia lumayan besar namun tak difungsikan, makanya di bulan depan (November, red), harus beraktifitas di Lolak,” kata Watung, kepada sejumlah wartawan, Jumat (07/10/2016).

Lanjutnya, berbagai fasilitas penunjang serta sarana lainnya telah memenuhi syarat termasuk alat kesehatannya. Tinggal pembenahan-pembenahan bagian kecilnya saja.

“Jangan terkesan bangunan RSUD DB di Lolak, mubazir. Harus dari sekarang kita memulai pemindahan, jangan tunda-tunda waktunya. Minimal pelayanannya baru sebatas rawat jalan. dan perlahan-lahan yang lainnya seperti elayanan rawat inap akan menyusul,” tegasnya.

Dia pun telah menanyakan kesiapan para dokter dan staf rumah sakit untuk menetap di Lolak. Sebab Pemerintah Kabupaten Bolmong, telah menyiapkan tempat tinggal meski hanya di Rusunawa.

“Saya sudah menanyakan kesiapan pemindahan kepada Direktur RSUD DB, dr Sahara Albugis. Nantinya kami akan siapkan mobil bus untuk mengangkut para dokter dan tenagan medis serta staf rumah sakit. Sebab masih banyak warga membutuhkan pelayanan. Sementara keberadaan rumah sakit milik pemkab Bolmong, berada di Kotamobagu,” tuturnya.

Sebelumnya, direktur RSUD DB, dr Sahara Albugis, mengatakan pihaknya akan memindahkan pengoperasian RSUD DB dari Kotamobagu ke Lolak, sementara akses jalan dan listrik belum menunjang.

Jika masalah ini menjadi polemik pemindahan, Pj Bupati Nixon Watung, menegaskan, terkait listrik tidak menjadi masalah. Demikian pula jalan masuk ke RS.

“Kalau listrik bukan lagi menjadi kendala. Tinggal bagaimana niat tulus kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dapat menjalankan fungsinya sebagai pelayan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan demikian wacana pemindahan RSUD DB, merupakan tekad Pj Bupati Nixon Watung disertai dukungan dari instansi terkait dalam menopang pembangunan khususnya di bidang kesehatan. “Masalah kesehatan adalah hal yang terpenting,” tutupnya.

Terkait pemindahan RSUD DB ke Lolak, oleh Pj Bupati Nixon Watung, mendapat respon positif dari Ketua Lembaga Pemantau Kinerja Eksekutif dan Legislatif Reformasi (LPKELR), Effendy Abdul Kadir. menurutnya langkah yang diambil Pj Bupati, sangat tepat dan harus kita dukung.

“Sebab kalau pemindahan tidak dilakukan dari sekarang kapan lagi. karena setiap tahun berjalan semenjak dari tahun 2014 wacana pemindahan terus dikumandangkan. namun sampai detik ini pihak managemen RSUD DB belum sepenuhnya mengambil sikap pindah. Saya salut gebrakan Pj Bupati, yang berupaya untuk memindahkan RSUD ini ke Lolak,” kata Kadir.

(mattox)

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Disdukcapil Boltim Turun ke Desa Lakukan Perekaman e-KTP

Perekaman e-KTP Capai 1900 Wajib KTP

Permasalahan Tenaga Kerja dan Solusinya

Related posts
Your comment?
Leave a Reply