Dandes-ADD Tahap Dua Siap Disalurkan

470 Viewed Eka Pratama 0 respond
Tim BPK Sulut Evaluasi Tata Kelola Keuangan di Pemkab Boltim
Oscar Manoppo, Kepala DPPKAD Pemkab Boltim.

Oscar: Bagi Desa Lunas PBB

BOLTIM – Pencairan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahap kedua tahun anggaran 2016 ini, di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), siap disalurkan terutana bagai Desa yang telah melunasi capaian target Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Sebagaimana dikatakan, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah  (DPPKAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Oscar Manoppo SE, yang mana pencairan segera dilakukan kepada desa telah mencapai target pajaknya, maka ADD dan Dandes tahap kedua siap direalisasi. “Dandes dan ADD yang disiapkan oleh Pemerintah Pusat sudah masuk rekening daerah, dananya sudah ada. tapi perealisasian dana tersebut belum bisa dilakukan sebab, setiap desa ditargetkan harus segera menyetor Pajak Bumi Bangungan (PBB) yang sudah di targetkan oleh Pemda,” tegas Oscar Manoppo.

Sebab kata Oscar, capain target pajak memang menjadi perhatian pemerintah daerah. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka pihak Pemda akan menahan Dana Desa yang disiapkan untuk desa tersebut. “Jika ada yang tidak menyetor PBB maka, ADD dan DD tidak akan dicairkan. karena, disitu bisa terlihat jika, Pemerintah Desa dinilai tidak maksimal dalam melakukan penagihan Pajak yang sudah ditetapkan,” kata Oscar, Kamis (15/09/2016)

Terpisah Sekretaris DPPKAD Boltim, Slamet Umbola menambahkan, jika saat ini pihaknya sedang menyiapkan imbauan kepada Pemerintah Kecamatan, untuk segera melakukan penyetoran pajak dan dalam waktu dekat ini, kita akan surati setiap kecamatan, dengan tujuan menghimbau kepada seluruh Pemdes agar, segera melakukan penyetoran PBB ke Kas Daerah,” ucap Slamet.

Dia menjelaskan, jika PBB tersebut nantinya akan, tetap dikembalikan ke desa. PBB yang akan di setor ke Kabupaten, sudah pasti menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). “jika segera di setor maka manfaatnya akan kembali ke desa itu sendiri,” tuturnya.

(tr-07)

 

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
bi indonesia

Kredit UMKM Rendah, Ini yang Dilakukan BI

Laboratorium Luar Angkasa Kedua Cina Siap Diluncurkan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply