Beranda Berita Utama 104 Desa di Bolmong Laksanakan Pilkades Serentak Tahun Ini

104 Desa di Bolmong Laksanakan Pilkades Serentak Tahun Ini

27
0
104 Desa di Bolmong Laksanakan Pilkades Serentak Tahun Ini
Ahmad Yani Damopolii

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — sebanyak 104 Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di tahun 2019 ini akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.Hal tersebut sebagai mana diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmong, Ahmad Yani Damopolii.

“Ya, ada 104 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak ditahun 2019 ini dan anggaranya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolmong karena pemilihannya dilakukan secara serentak, jika hanya dilakukan secara perseorangan maka bisa menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD),” ungkapnya Ahmad Yani.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 112 tahun 2014 pasal 21, menyebutkan bahwa peserta Pilkades harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran.

Namun sesuai keputusan MK, warga yang mencalonkan diri tidak dibatasi lagi berdasarkan domisili minimal satu tahun, bahkan dari luar desa pun bisa mencalonkan diri.

“Karena Perdanya sudah diketuk, jadi silahkan dari daerah lain yang mau ikut pilkades di Bolmong boleh saja,” tandasnya.

jumrin potabuga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.