Beranda Advertorial Kunker ke Bolmong, Ketua DPD RI Terima Usulan Bupati Yasti Jadikan Provinsi...

Kunker ke Bolmong, Ketua DPD RI Terima Usulan Bupati Yasti Jadikan Provinsi BMR Agenda Prioritas Dalam Pemekaran Wilayah

50
0
Kenker Ke Bolmong, Ketua dan Anggota DPD RI di Sambut Dengan Tarian Adat Mongondow. (Foto: Istimewa)
Kunker Ke Bolmong, Ketua dan Anggota DPD RI di Sambut Dengan Tarian Adat Mongondow. (Foto: Istimewa)

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Ir Hi A La Nyalla Mahmud Mattalitti bersama Anggota Komite DPD RI serta rombongannya di Rumah Dinas (Rudis) Bupati di Lalow. Selasa (17/11/2020).

Rombongan Ketua dan Anggota Komite DPD RI di sambut langsung Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang turut didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Ketua DPRD Bolmong Welty komaling, Kapolres Bolmong, Dandim dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bolmong.

Dalam prosesi penjemputan dari depan pintu masuk Rudis, Ketua dan Anggota Komite DPD RI di sambut dengan itum-itum dan tarian adat Bolaang Mongondow menuju ke ruangan yang telah disediakan.

Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Memberikan Sambutan Dalam Kunker Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla Mahmud Mattalitti di Bolmong. (Foto: Istimewa)
Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Memberikan Sambutan Dalam Kunker Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla Mahmud Mattalitti di Bolmong. (Foto: Istimewa)

Usai penjemputan adat, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua dan Anggota Komite DPD RI yang sudah berkenan dan menyempatkan waktu untuk datang ke Kabupaten Bolmong.

“Untuk itu, dengan tidak mengurangi rasa hormat. Saya atas nama pribadi dan jajaran Pemkab serta masyarakat Bolmong mengucapkan selamat datang kepada Ketua dan Anggota Komite DPD RI serta rombongan di Kabupaten Bolmong dengan mengunakan bahasa adat Bolaang Mongondow “Niondon Dega’ Komintan,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati, kunker Ketua dan Anggota DPD RI di Kabupaten Bolmong merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar bagi pemerintah dan masyarakat Bolmong. Karena meski di tengah-tengah kesibukan yang begitu padat Ketua dan Anggota DPD RI masih meyempatkan waktu untuk berkunjung dan hadir di tanah Totabuan ini.

“Oleh karena itu, kami selaku Pemerintah dan masyarakat Bolmong, khususnya masyarakat Bolaang Mongondow Raya menaru harapan besar, Insya Allah di tangan Ketua dan Anggota DPD RI periode 2019-2024, cita-cita pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR) sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) bisa terwujud,” ujar Bupati.

Penyerahan Dokumen Pemekaran Provinsi BMR oleh Hi Abdulah Mokoginta Kepada Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla mahmud Mattalitti. (Foto: Istimewa)
Penyerahan Dokumen Pemekaran Provinsi BMR oleh Hi Abdulah Mokoginta Kepada Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla mahmud Mattalitti. (Foto: Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yasti juga menjelaskan tentang Kabupaten Bolmong, dimana merupaka satu dari 15 kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan luas wilayah kurang lebih 4.083 Kilometer Persegi atau hampir 30 persen dari luas wilayah Provinsi Sulut yakni 15.800 Kilometer Persegi.

“Ada 15 Kecamatan di Kabupaten Bolmong, 2 kelurahan dan 200 desa dengan jumlah penduduknya kurang lebih 250.783 jiwa, dan memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah, baik di bidang mineral emas, pasir besi, cemen dan batuan lainnya, dibidang pangan pun, Kabupaten Bolmong merupakan lumbung pangan Provinsi Sulut mulai dari tanam padi, jagung, kelapa dalam, kopi, cingkeh dan tanam holtikultura,” beber Bupati.

Sementara itu, Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam sambutanya menyampaikan, meski telah menempuh perjalanan yang cukup jauh bersama kawan-kawan DPD RI, namun mereka tidak merasakan lelah/capek.

“Hal itu dikarenakan, kami berangkat dengan penuh semangat. Dan semangat yang ada pada diri kami masing-masing adalah memikirkan bagaimana caranya agar Bolaang Mongondow Raya akan segera menjadi Provinsi,” ungkap La Nyalla.

Ketua dan Anggota DPD RI Bersama Bupati Meninjau Lokasi Kawasan Industri Mongondow (Kimong). (Foto: Istimewa)
Ketua dan Anggota DPD RI Bersama Bupati Meninjau Lokasi Kawasan Industri Mongondow (Kimong). (Foto: Istimewa)

Dirinya pun mengatakan, untuk pemekaran Provinsi BMR, masyarakat Bolmong tidak perlu khawatir, karena meskipun masih dalam keadaan moratorium, namun satu diantara ptioritas dalam moratorium itu adalah Provinsi BMR setelah Papua.

“Ya, hasil kordinasi terakhir dengan Pemerintah Pusat dan rapat terakhir dengan Kementerian memutuskan Papua yang akan dimekarkan lebih dulu sebagai DOB lalu Provinsi BMR. Untuk itu, saya sebagai Ketua sekaligus Anggota dalam Komite I DPD RI yang membidangi pemekaran wilayah tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengawal Provinsi BMR sebagai DOB,” tegasnya.

Sambungnya, sebagai wakil dari daerah tentu ini menjadi menjadi tugas DPD RI, oleh karena itu, dirinya menyampaikan program prioritas DPD RI yang terus diperkuat saat ini ada dua, yakni Membantu untuk mempercepat pembangunan di daerah dan Melakukan advokasi terhadap persoalan-persoalan yang dialami oleh daerah.

Ketua dan Anggota DPD RI Bersama Bupati dan Ketua DPRD Bolmong Meninjau Kantor PT Kawasan Industri Mongondow (Kimong). (Foto: Istimewa)
Ketua dan Anggota DPD RI Bersama Bupati dan Ketua DPRD Bolmong Meninjau Kantor PT Kawasan Industri Mongondow (Kimong). (Foto: Istimewa)

“Untuk itu, usulan dari lima Pemerintah dari BMR ini akan kami bahas dan masukan dalam agenda pemekaran Provinsi sebagai prioritas pemekaran wilayah selain Papua dan Papua Barat serta Kalimantan Barat, sehingga harapan dari lima daerah ini dant terwujud menjadi Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR),” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua dan Anggota DPD RI melihat langsung pemaparan secara terinci potensi yang sangat besar terkait SDA di Kabupaten Bolmong sekaligus menerima dokumen pemekaran Provinsi BMR dari Ketua pemekaran Provinsi BMR Hi Abdulah Mokoginta serta mamantau langsung lokasi dan kantor PT Kawasan Industri Mongondow (Kimong), yang turut didampingi Presdir dan Owner PT Kimong.

Diketahui, Kunjungan Ketua DPD RI Ketua DPD RI Ir Hi A La Nyalla Mahmud Mattalitti itu, didampingi sejumlah Senator. Seperti Senator asal Lampung Bustami Zainudin, Asyera Respati A. Wundalero senator asal Nusa Tenggara Timur, Cherish Harriete Mokoagow Senator Sulut, Ahmad Basir senator asal Kalimantan Timur, Djafar Alkatiri senator asal Sulut, Zainal Arifin Senator asal Kalimantan Timur, Ibnu Halil senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Abdul Azis senator asal Sumatera Selatan, Eni Sumarni Senator asal Jawa Barat, Fadhil Rahmi senator asal Aceh, Wa Ode Rabia Al Adawia senator asal Kendari, Jialyka Maharani senator asal Sumatera Selatan, dan Senator Stefanus BAN Liow Senator asal Sulut. (Jr/Adve)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.