Beranda Berita Utama Bupati Limi Mokodompit Hadiri Perayaan Tulude di Desa Pasir Putih

Bupati Limi Mokodompit Hadiri Perayaan Tulude di Desa Pasir Putih

87
0
Kotamobaguonline.com BOLMONG—Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM menghadiri perayaan adat Tulude di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang, Jumat (03/02) sore. Menariknya, Ibadah syukur dilaksanakan oleh Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIBM ‘Nazareth’, Bupati Limi jemput dengan meriah.

Bupati dalam sambutannya, memberikan apresiasi serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus jemaat ‘Nazareth’.
“Karena melalui momentum ini semakin menguatkan iman dan keyakinan saudaraku Jemaat “Nazareth” yang juga warga nusa utara, dalam mensyukuri segala karunia tuhan dalam kehidupan sehari-.sehari,” kata Bupati.

Menurut Bupati, Bolmong terkenal dengan keberagaman suku, etnis dan budaya.
“Salah satu etnis besar yang ada di Bolaang Mongondow adalah etnis masyarakat Nusa Utara, yang setiap awal tahun melaksanakan tradisi warisan budaya leluhur, yaitu perayaan adat Tulude,”ujar Bupati.
Dikatakan Bupati Tulude merupakan hajatan tahunan warisan leluhur masyarakat etnis Nusa Utara atau masyarakat Sitaro, Sangihe dan Talaud, yang tidak mungkin dihilangkan dan dilupakan oleh generasi manapun dari etnis Nusa Utara. Bahkan tradisi Tulude, mulai diterima bukan saja sebagai milik masyarakat Nusa Utara.

“ Bahkan telah diterima sebagai suatu tradisi budaya masyarakat Sulawesi Utara khususnya, dan budaya bangsa Indonesia pada umumnya, sebab dimana ada komunitas masyarakat etnis Nusa Utara, pasti di sana ada acara adat Tulude,” ujar Bupati.
Diketahui, arti kata “Tulude” atau “Menulude” berasal dari kata “Suhude” yang artinya menolak, sehingga dalam arti luas “Tulude” dapat diartikan menolak atau meninggalkan hal-hal buruk yang telah dilakukan di tahun sebelumnya, dan bersiap menyongsong tahun yang ada di depan.
Artikulli paraprakKetua KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit Serahkan Bantuan Bagi Korban Banjir Di Manado
Artikulli tjetërDitangan Bupati Limi Mokodompit Kab. Bolmong Kembali Raih Prestasi Terbaik SPBE se-Indonesia Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.