Beranda Berita Utama Meski Sempat Berdebat Akhirnya Pedagang Ikan Dipindahkan Ke Pasar Genggulang

Meski Sempat Berdebat Akhirnya Pedagang Ikan Dipindahkan Ke Pasar Genggulang

20
0
Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Pemertintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama TNI-POLRI yang tergabung dalam Tim Personil Relokasi Pedagang, mulai melakukan pemindahan bagi para pedagang ikan di Pasar Serasi, Kamis (04/08/2022) pukul 02:00 WITA dini hari.
Saat relokasi berlangsung, sempat terjadi perdebatan antara para pedagang ikan dan personil Tim Relokasi, lantaran para pedagang meminta adanya kelengkapan fasilitas saat mereka berjualan di Pasar Tradisional Genggulang.
Hal ini seperti disampaikan salah satu wakil pedagang ikan Ramly Adam, ia berharap disaat Pemerintah melakukan pemindahan para pedagang sudah seharusnya ketersedian Es dan tempat fufu (panggang) ikan sudah dibangun.
“Fasilitas belum memadai seperti tempat fufu ikan belum tersedia. Kami inginkan pasar ikan dibuka dua-duanya, atau jalan dan buka saja bersama dengan tempat ini dan tempat yang ada di pasar Genggulang. Nantinya kami akan mengutus perwakilan ke pasar Genggulang sambil kami juga berjualan di tempat ini,” ujar Ramly Adam.
Dirinya juga mempertanyakan tujuan Pemerintah melakukan relokasi. Menurutnya, jika alasannya akan dibangun pasar ikan yang lebih representatif maka kapan itu akan direalisasikan.
“Alasan relokasi untuk dibangun lagi namun yang menjadi pertanyaan kami kapan pembangunan ini akan dilaksanakan.?,” ungkap Ramly Adam.
Ia pun menyesalkan mengapa tidak ada sosialisasi terlebih dahulu dengan pedagang ikan terkait relokasi ini agar para pedagang dan pemerintah dapat berdiskusi untuk membicarakan apa saja fasilitas penunjang penjual ikan yang harus disediakan terlebih dahulu.
“Sebab ini ikan pak, jika terlambat direndam dengan Es maka tidak menunggu sehari langsung gatal atau rusak. Sosialisasi saja kemarin hanya memberitahukan bahwa akan ada perpindahan pedagang saja, tidak berdiskusi dengan kami,” jelas Ramly Adam.
Sementara, Asisten Bidang Pemerintah, Teddy Makalalag menjelaskan dihadapan para pedagang, jika alasan soal tempat fufu dan Es yang menjadi kendala, maka Pemerintah Kota akan memfasilitasi ketersediaannya.
“Kalau alasannya tak ada fasilitas es untuk ikan dan tempat fufu, maka pemerintah siap memfasilitasi. Seperti nantinya akan ada kendaraan yang disediakan pemerintah untuk mengangkut Es yang nantinya akan dibawa ke Pasar Genggulang,” tegas Teddy.
Usai berdiskusi, akhirnya para pedagang ikan Pasar Serasi mulai mengangkat barang dagangannya menuju ke Pasar Genggulang dengan di bantu para personil Tim Relokasi.
Peliput: Iceq Lasupu
Artikulli paraprakTatong Tegaskan Usai Dibangun Pedagang Akan Kembali Ke Pasar Serasi
Artikulli tjetërTim Terpadu Mulai Tertipkan Pasar 23 Maret

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.