Beranda Berita Utama Ada 116 Orang Penderita HIV / AIDS Di Kota Kotamobagu

Ada 116 Orang Penderita HIV / AIDS Di Kota Kotamobagu

73
0
Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Penularan penyakit mematikan HIV AIDS di Kota Kotamobagu hingga kini telah tercatat sebanyak 116 pasien dari tahun 2013 hingga tahun 2021. Namun 9 pasien diantaranya telah meninggal dunia.
Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Tanty Korompot, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P3M) Lindawati Hasan.
“Ini tercatat untuk tahun 2021 bahwa ada 116 orang pasien yang mengidap penyakit HIV AIDS, dan 9 lainya telah meninggal dunia,” ungkap Lindawati.
Lindawati melanjutkan, meninggalnya 9 orang pasien tersebut tercatat dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2021.
“Pada tahun 2020 kami menemukan ada 3 orang pasien yang terkena HIV dan 13 pasien lainya telah mengidap AIDS,” terang Lindawati.
Diketahui, HIV adalah kondisi yang bisa menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). HIV merupakan virus penyakit yang menyerang dan menghancurkan sel CD4. Cell CD4 adalah sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. HIV yang menyebabkan AIDS, mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi. Penularanya melalui kontak seksual dengan penderita, juga melalui donor darah dari penderita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.