Beranda Berita Utama Pengembangan Kopi Ateng Tumbuh Subur Di Kotamobagu

Pengembangan Kopi Ateng Tumbuh Subur Di Kotamobagu

156
0

Kotamobaguonline.com KOTAMOBAGU – Mengembangkan kopi Ateng di wilayah Kota Kotamobagu, mulai digemari oleh para petani Kopi. Demikian hal ini juga dilakukan oleh Rudi Mokodompit (45) warga Desa Poyowa Besar yang mengaku sudah menanam kopi jenis Arabika ini sejak dua tahun lalu.

Dinamakan Kopi Ateng ternyata punya cerita tersendiri menurut Rudi, karena kopi ini diambil dari daerah Aceh Tengah sehingga dinamakan Kopi Ateng.

Dalam proses penanamanya juga harus sesuai iklim udara di suatu daerah, sebab kopi Ateng akan tumbuh subur di wilayah Gunung Merapi.

“Apalagi Kota Kotamobagu dekat dengan gunung Ambang, sehingga tanahnya cocok untuk ditanami Kopi Ateng,” kata Papa Da’, sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan, dengan luas kebun sekitar 11 Hektar yang terletak di perkebunan Poyowa Besar, dirinya mulai menanam sebanyak 21 ribu pohon Kopi Ateng.

“Tinggi pohon tanaman ini suda sekitar 1-1,5 meter. Jarak tanam 2,5×2,5 meter. Dari 21 ribu pohon, yang sudah berproduksi 15 ribu pohon,” ujarnya.

Ia menambahkan, permintaan kopi Arabika ini sangat tinggi namun hasil produksinya masih sedikit.

“Pemesan kopi ini sudah banyak dari luar Kotamobagu, namun permintaan mereka banyak, sedangkan produksi masih sedikit,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.