Beranda Advertorial Ranperda APBD Bolmong TA 2021 Diparipurnakan

Ranperda APBD Bolmong TA 2021 Diparipurnakan

389
0

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengelar rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat I penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran (TA) 2021. Jum’at (27/11/2020).

Rapat yang dilaksankan diruang paripurna tersebut, di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE, Wakil Ketua I DPRD Sukron Mamonto SE MM, Wakil Ketua II DPRD Abdul Kadir Mangkat, serta turut dihadir Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny Ronny Tuuk STh MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, Asissten I, Asissten III, para Kepala OPD dan ASN di lingkup Pemkab Bolmong, serta para Anggota DPRD Bolmong.

Dalam sambutanya, Welty Komaling mengatakan, dengan melihat daftar hadir dari Anggota DPRD yang ada, maka rapat paripurna ini dinyatakan korum dan terbuka untuk umum.

“Sebagaimana yang kita ketahui, paripurna Ranperda APBD Kabupaten Bolmong TA 2021 ini, merupakan tindaklanjut dari kesepakatan bersama antara DPRD dan Pemkab Bolmong, tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Bolmong TA 2021,” ucapnya.

Untuk itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling mempersilakan Wabup Bolmong Yanny Ronny Tuuk menyampaikan ringkasan Ranperda APBD Bolmong TA 2021 yang telah disusun oleh Pemkab Bolmong.

Wabup Yanny, menyampaikan, bahwa penyusunan Ranperda tentang APBD Kabupaten Bolmong TA 2021, merupakan implementasi dari program dan kegiatan di dalam struktur APBD, sebagaimana di atur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan tetap berorientasi pada anggaran yang berbasis kinerja dan tetap mengutamakan hasil dari program dan kegiatan yang dicapai, serta pengunaan anggaran secara kualiatas dan kuantitas yang terukur, efektif, efesien dan ekonomis,” ujar Wabup.

Untuk mencapai sasaran prioritas pembangunan, lanjut Wabup, maka Pemkab Bolmong telah menetapkan tema pembangunan Kabupaten Bolmong pada TA 2020 yakni “Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata, Terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat”.

“Tema pembangunan tahun 2021 ini, telah diselaraskan dengan isu dan tema pembangunan Nasional serta tema Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun Anggaran 2021, sehingga arah kebijakan ekonomi daerah di TA 2021 nanti, diarahkan untuk mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur, serta dapat mengandalkan berbagai potensi unggulan daerah sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi Nasional akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini,” jelas Wabup.

Sambung Wabup, dari uraian tema pembangunan Kabupaten Bolmong TA 2021. Pemkab Bolmong telah menyusun lima sasaran prioritas pembangunan daerah yang telah tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021.

“Pertama adalah Penguatan produktivitas pertanian dan produk olahan turunan. Kedua, Pengembangan dan pemasaran produk unggulan Kabupaten. Ketiga, Pengembangan pelaku usaha berbasis pemberdayaan masyarakat desa. Keempat, Mempermudah akses modal. Dan kelima, Membangun keterpaduan antar wilayah untuk pengembangan pariwisata dan pertanian,” tutur Wabup.

Usia mendengarkan ulasan penyusunan Ranperda APBD Bolmong TA 2021, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling mempersilakan 6 Fraksi yang ada di DPRD Bolmong untuk menyampaikan pandangannya masing-masing terkait penyusunan Ranperda APBD Bolmong TA 2021 tersebut.

Dari ke enam fraksi pun menyampaikan pandangannya melalui juru bicara masing-masing fraksi, dan menyatakan menerima Ranperda APBD Bolmong TA 2021 untuk dibahas pada tahap selajutnya. (Jr/Adve)

Artikulli paraprakDiskominfo Bakal Terapkan TP2DD
Artikulli tjetërTatong Jadi Irup Peringatan HUT Korpri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.