Beranda Advertorial Peringatan HCTPS Sedunia, Bupati Yasti Kampanyekan Intruksi Presiden RI Kepada Masyarakat

Peringatan HCTPS Sedunia, Bupati Yasti Kampanyekan Intruksi Presiden RI Kepada Masyarakat

308
0
Peringatan HCTPS Sedunia, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Contohkan Kepada Masyarakat Cara Mencuci Tangan Mengunakan Sabun Dengan Baik. (Foto: Istimewa)
Peringatan HCTPS Sedunia, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow Contohkan Kepada Masyarakat Cara Mencuci Tangan Mengunakan Sabun Dengan Baik. (Foto: Istimewa)

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia, yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober menjadi salah satu arahan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh jajaran Pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah untuk dapat mengkampanyekan dan menerapkan cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat.

Arahan itu disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lewat Telegram yang dikirimkan ke Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Instruksi presiden tersebut langsung direspon positif, oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Surat Telegram Instruksi Presiden RI Kampanyekan HCTPS. (Foto: Istimewa)
Surat Telegram Instruksi Presiden RI Kampanyekan HCTPS. (Foto: Istimewa)

Dimana, Bupati Yasti mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti instruksi presiden tersebut. “Kami mendukung penuh arahan presiden RI untuk menggalakkan kampanye cuci tangan pakai sabun ini. Apa terlebih di tengah pandemi Covid-19, mencuci tangan di air berjalan dan menggunakan sabun merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Bupati. Kamis (15/10/2020).

Bupati pun mengajak agar seluruh pihak untuk dapat menerapkan pola mencuci tangan yang baik. Karena menurutnya, tangan adalah anggota badan yang banyak digunakan untuk melakuan berbagai kegiatan sehari-hari termasuk makan, minum, menyiapkan makanan, serta memberi makan anak atau bayi.

Bupati menambahkan, tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah kita dari serangan berbagai penyakit, terutama penyakit menular seperti virus Covid-19.

Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. (Foto: Istimewa)
Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. (Foto: Istimewa)

Pentingnya menyebarluaskan kebersihan tangan untuk menciptakan kehidupan yang sehat terutama anak-anak dari kelompok usia sekolah agar mereka benar-benar melakukan CTPS dengan air bersih yang mengalir, sebagai suatu gerakan masyarakat.

Bupati menjelaskan, CTPS adalah cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Sebab, selain virus SarsCov2, ada beberapa penyakit penyebab kematian yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit Diare dan ISPA yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak. Demikian juga penyakit Hepatitis, Typhus, dan Flu Burung.

Sehingga, disetiap kesempatan, top eksekutif Pemkab Bolmong itu terus berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya para orang tua dapat berperan mewujudkan kebiasaan masyarakat untuk CTPS serta mau dan mampu menjadi contoh bagi anak-anak dan keluarganya dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

Gerakan 3 M. Mencuci tangan, memakai Maker, Menjaga jarak. (Foto: Istimewa)
Gerakan 3 M. Mencuci tangan, memakai Maker, Menjaga jarak. (Foto: Istimewa)

“Saya mengajak seluruh masyarakat Bolmong untuk mencuci tangan pakai sabun dan di air yang berjalan. Ayo Cuci Tangan Pakai Sabun,” ajak Bupati Yasti.

Seperti diketahui, program mencuci tangan tersebut merupakan salah satu program Menggunakan Masker, Menjaga jarak (3M), yang sering digaungkan Bupati guna untuk menekan, serta memutus matarantai virus Covid -19 di tanah Bolmong.

“Saat ini kesadaran masyarakat menggunakan masker sudah sangat tinggi, namun jumlah kasus warga terpapar virus Covid -19 di Indonesia terus bertambah. Oleh sebab itu kita harus terus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin Mencuci tangan, Menggunakan Masker, Menjaga jarak, agar kita terhindar dari Virus berbahaya. Jangan kita hanya menggunakan masker dan menjaga jarak saja namun tidak rajin mencuci tangan, bisa saja diri kita terpapar apalagi jika kita sering memegang area hidung dan mata,” tutur Bupati. (Jr/Adve)

Artikulli paraprakTiga Proyek Diskominfo Kembali Dianggarkan 2021
Artikulli tjetërYusuf Detu: Mari Tingkatkan Kebersihan Demi Kesehatan Bersama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.