Beranda Advertorial TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

321
0
TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021
TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan finalisasi pembahasan/desk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang sudah terinput ke dalam Sistem informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Rabu (02/09/2020).

Finalisasi Desk RKA tersebut dalam rangka persiapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Bertempat diruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda), lantai tiga kantor Bupati Bolmong. TAPD yang di pimpin langsung oleh Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengilir 48 Dinas, Badan dan Kecamatan untuk melaksanakan Desk RKA sesuai jadwal mereka masing-masing.

TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021
TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD)  Bolmong Rio Lombone mengatakan, Desk RKA akan digelar selama tiga hari, terhitung sejak hari ini tanggal 2 September 2020.

“Dalam sehari ada 15 Dinas/Badan yang digilir bergantian melaksanakan Desk RAK, sesaui jadwalnya,” ujar Lombone.

Nantinya finalisasi Desk RKA yang akan menyusun Draf Ranperda APBD TA 2021 tersebut, menjadi modal dasar pembahasan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong untuk disahkan menjadi Perda, sebagai acuan pembangunan daerah di tahun 2021.

TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021
TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

Bahkan diketahui, dokumen rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sudah berada di DPRD Bolmong, tinggal memasukan kembali pagu sesuai dengan dana perimbangan.

Mekanisme tahapan penyusunan APBD TA 2021 pun dilalui satu persatu. Mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Selain itu juga penyusunan APBD TA 2021 Pemkab Bolmong ini berdasarkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Usulan yang masuk dalam Musrenbang kemudian disusun berdasarkan skala prioritas lalu dimasukkan dalam program kegiatan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021
TAPD Bolmong Gelar Desk RKA APBD TA 2021

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong Yaslis Awaludin Hatam menuturkan, RPJMD yang menjadi rumusan dari visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup), Yanny Ronni Tuuk, pada tahun 2021 atau tahun ke empat kepemimpinan mengangkat tema pembangunan Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat.

“Tema pembangunan untuk tahun 2021 itu merupakan bagian dari RPJMD Bupati dan Wakil Bupati. Sehingga, dalam proses perencanaan dan pembangunan semuanya berkelanjutan dari tahun pertama kepemimpinan hingga selesai di tahun ke lima nanti,” beber Yarlis. (Jr/Adve)

Artikulli paraprakBerusaha Kabur Akhirnya Seorang Pencuri Dihadiahi Timah Panas
Artikulli tjetërPemkab Bolmong Terima Kunker Komisi II DPRD Kota Tomohon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.