Beranda pertanian Cara Membudidayakan Pepaya California

Cara Membudidayakan Pepaya California

535
0

Kotamobaguonline.com Kotamobagu, Sabtu, 27/09/2020 Redaksi –  Menanam dan membudidayakan buah pepaya california bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha dengan keuntungan yang besar.

Pasalnya, buah ini merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang dan permintaan pasarnya yang tinggi, sehingga akan banyak orang yang mencarinya.

Secara umum, buah pepaya california akan nampak sama saja dengan buah pepaya pada umumnya. Namun jika dilihat lebih dalam, buah pepaya california ini memiliki keunggulan dalam hal rasanya yang manis dan segar, warna buahnya yang merah serta daging buahnya yang tebal jika dibandingkan dengan pepaya biasa.

Maka dari itu, wajar apabila banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan buah pepaya california ini.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membudidayakan buah pepaya california.

  1. Syarat tumbuh

Tanaman pepaya california dapat tumbuh pada ketinggian 700-1000 mdpl dengan curah hujan 1000-2000 mm/tahun. Suhu lingkungan yang baik untuk budi daya buah pepaya ini yaitu berkisar antara 22-26 0C dengan kelembaban udara sekitar 40%.

Tanaman buah pepaya california dapat tumbuh baik pada tanah yang subur, gembur dan harus banyak menahan air. pH tanah yang ideal adalah netral dengan PH 6-7. Angin yang tidak terlalu kencang sangat baik untuk penyerbukan bunga pepaya.

  1. Pembibitan

Dibuat media semai pada polybag yang telah dilubangi sedalam 1cm pada bagian tengahnya. Kemudian biji dimasukkan dan ditutup dengan lapisan tanah tipis. Bibit disiram setiap hari. Kecambah benih akan muncul setelah 12-15 hari. Ketika biji telah tumbuh menjadi bibit dengan ketinggian 15-20 cm (umur 45-60 hari) bibit siap ditanam di lahan.

  1. Penanaman

15 hari sebelum bibit ditanam, terlebih dahulu dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 2,5×2,5 m. Selanjutnya, bibit pepaya dimasukkan ke dalam lubang tanam yang sebelumnya sudah diberi pupuk kandang atau pupuk kompos. Setiap lubang tanam diisi dengan satu buah bibit. Proses penanamannya dilakukan ketika sore hari.

  1. Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman buah pepaya california meliputi penyiangan, penyiraman dan pembumbunan. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual dengan cara mencabuti rumput atau membabat. Sementara penggunaan herbisida sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu dan merusak akar tanaman pepaya california.

Penyiraman dilakukan saat musim kemarau atau jika tanah dalam kondisi kering. Penyiraman bisa dilakukan dengan sistem leb (penggenangan) atau menggunakan sprinkler.

Pembumbunan dilakukan dengan tujuan menutup akar yang ada dipermukaan tanah sekaligus untuk merangsang pertumbuhan akar baru. Pembumbunan juga berperan untuk memperkuat batang tanaman pepaya agar tidak mudah roboh. Pembumbunan dilakukan setelah penyiangan dan dilakukan bersamaan dengan pemupukan susulan.

  1. Pemupukan

Pemupukan susulan dilakukan seminggu setelah tanam menggunakan pupuk NPK sebanyak 200 gram/pohon. Kemudian, ketika memasuki usia 3 bulan ditambahkan pupuk NPK 300 gram /pohon. Selanjutnya, usia 6, 9 dan 12 bulan dipupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg /pohon. Setelah tanaman berbuah bisa diberikan pupuk KCI supaya daya tahan lebih kuat dan buahnya lebih manis.

  1. Pengendalian OPT

Beberapa macam hama yang biasa menyerang buah pepaya california antara lain hama kutu putih, aphid dan tungau. Hama ini menyerang dengan cara menghisap semua cairan yang ada pada daun muda. Pengendalian yang biasa dilakuakn adalah dengan penyemprotan pestisida curacron dan akarisida.

Ada pula penyakit yang cukup ditakuti seperti busuk phytphora, rebah semai, busuk antraknos dll. Penyakit ini menyerang daun, akar, batang hingga buah. Cara pengendaliannya bisa dilakukan dengan penyemprotan larutan fungisida.

  1. Panen dan Pascapanen

Buah pepaya california siap dipanen ketika terlihat tanda-tanda seperti adanya semburat berwarna kuning di bagian ujung buah. Panen dilakukan dengan cara memotong bagian tangkai buah dengan gunting pangkas atau pisau yang tajam.

Buah pepaya yang telah dipanen sebaiknya ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan diberi alas plastik atau koran bekas. Buah pepaya ini bisa dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali.

Di atas merupakan cara termudah dalam membudidayakan pepaya california. Tentunya menanam pepaya sendiri akan membuat Anda lebih menghargai setiap proses. Selamat mencoba! ( Layanan Informasi Desa )

 

 

 

Artikulli paraprakDua Tahun Pimpin Daerah TBNK Ukir Prestasi
Artikulli tjetërPisang Bolen Moyag Paling Enak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.