Beranda Tips Sehat Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

517
0

Kotamobaguonline.com Redaksi. Rabu, 26/08/2020 – Tanaman buah Stroberi dikenal juga dengan nama arbei yang berasal dari bahasa Belanda. Stroberi adalah buah yang paling banyak dikenal di dunia. Buah berupa herba yang rata-rata memiliki 200 biji kecil per satu buahnya. Ada 700-an macan jenis stroberi. Salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria Chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika , Eropa dan Asia. Spesies yang lainnya yaitu F.vesca L. yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yang pertama kali masuk ke negara kita yaitu Indonesia tercinta. Warna merah pada stroberi matang (masak) disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi dengan menyimpan nutrisi yang luar biasa. Antioksidan tersebut juga kaya serat, rendah kalori dan mengandung Vitamin C, Florat, Potassium serta Asam Ellagic ( maka buah ini terasa masam ).

       Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Dari beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

  1. Anti-Inflamasi

Stroberi mengandung senyawa kimia bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma,  aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX). Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

  1. Anti Kanker

Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini karena adanya vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Karena tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. 1 cangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mangan (adalah unsur senyawa kimi) yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu pertumbuhan dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi berkombinasi menjaga kesehatan bagi jantung, karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang juga terdapat dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

  1. Menjaga Fungsi Otak

Bertambahnya umur dan semakin tua seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

  Manfaat Bagi Kecantikan

  1. Pembersih Kulit

 Ekstrak stroberi sering dibuat sebagai sabun wajah dan masker wajah, karena mengandung Vitamin C, asam Ellagic/Salisilat, antioksidan dan exfoliant. Asam Salisiat berfungsi menghilangkan sel-sel mati dari wajah dan mengencangkan pori-pori. Asam Ellagic yang mengurangi kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit. Maka dari itu stroberi mampu mengangkat kotoran, melembutkan kulit serta memberikan perlindungan terhadap pousi.

  1. Mencerahkan Kulit
  2. Sama halnya dengan pembersih kulit semua kandungan yang terdapat pada buah stroberi sangat memiliki khasiat yang besar. Berikut penggunaannya untuk masker pada wajah :
  • Haluskan buah stroberi sebanyak 3-4 buah, ditumbuk atau diblendersampai halus.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat, lalu tempelkan stroberi yang telah dihaluskan tadi tunggu hingga mengering.
  • Setelah kering bilas dengan air bersih dan keringkan dengan tisu ataupunhanduk, lakukan minimal satu minggu sekali di pagi hari sebelum beraktivitas guna untuk hasil yang baik.
  1. Melembabkan Menghilangkan Kusam pada Wajah/Kulit

Kandungan mineral pada buah stroberi sangat banyak, sehingga membantu menambah kadar air didalam kulit jika digunakan sebagai masker. Caranya sama dengan penjelasan no.2 diatas, tetapi untuk melembabkan dengan menambahkan 7 sendok makan susu.

  1. Mengurangi Kantung Mata

 Kurangnya tidur atau seringnya terlalu lama tidur sampai larut malam atau juga karena kelelahan seringkali menimbulkan kantung mata atau bengkak dibawa mata yang biasa disebut mata panda. Untuk mengurangi hal tersebut gunakan irisan buah stroberi lalu letakkan di atas mata usahakan terkena bagian kantung mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar mata terasa dingin lakukan secara rutin.

 

Artikulli paraprakPelaku Usaha Mikro Segera Terima Bantuan Rp 2,4 Juta
Artikulli tjetërKota Kotamobagu Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Sulut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.