Beranda Bolmong Peduli Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19, Pemkab Bolmong Salurkan Bantuan Sembako,...

Peduli Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19, Pemkab Bolmong Salurkan Bantuan Sembako, Bibit Jagung, Padi dan Pupuk

200
0

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mengelar kegiatan Gerakan Tanam yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan guna mendukung ketahanan pangan dalam percepatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Bolmong. Rabu (06/05/2020).

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di gedung Dinas Pertanian Bolmong, dimana, turut di hadiri oleh Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahils Gallang, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Sangadi serta para perwakilan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Sorepredjo Mokoagow dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial, atas pelaksanaan kegiatan pada tersebut.

“Ya, Kegiatan ini merupakan bentuk tanggungjawab dan wujud kepedulian Pemkab Bolmong terhadap masyarakat yang terdampak covid-19,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati, wabah pandemi Covid-19 saat ini, sangat berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat. Hal itu dikarenakan, Pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Tentunya himbauan dan kebijakan Pemerintah itu, sangat berdampak pada masyarakat yang berpenghasilan rendah, karena di satu sisi diwajibkan untuk tetap tinggal di rumah sementara disisi lain harus bekerja diluar rumah untuk menghidupi keluarga,” ujar Bupati

Untuk itu, sambung Bupati, Pemkab Bolmong adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Utara (Sulut) bahkan di seluruh kabupaten di Indonesia yang sejak awal telah memikirkan langkah-langkah yang jauh kedepan, untuk kebutuhan ketahanan pangan ini.

“Pada tanggal 09 april 2020, Sekda Bolmong telah memimpin rapat untuk refocusing anggaran APBD Pemkab Bolmong. Dimana dalam rapat tersebut telah diambil kebijakan, selain untuk bantuan sosial kepada masyarakat, pemkab Bolmong juga telah menganggarkan bantuan bibit Pertanian, perkebunan dan perikanan,” jelas Bupati.

Hal itu dilakukan, mengingat Pemerintah tidak cukup memiliki sumber dana dalam membantu masyarakat setiap bulannya, apa lagi dalam waktu yang cukup lama, sehingga dianggarkanlah bantuan bibit tersebut.

“Wilayah Kabupaten Bolmong dikenal memiliki tanah yang cukup luas dan subur. Maka dari itu, disiapkan bibit jagung bisi 18 untuk ditanam di atas lahan sebesar 10.000 hektare, dan juga bibit padi yang akan di tanam di atas lahan sebesar 3530 hektare,” ujar Bupati.

Bupati menjelaskan, untuk bibit padi, Pemkab telah menyiapkan 60 Kg dalam setiap 1 hektare lahan, dan Jika hasil panennya bagus, maka itu sudah bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Bolmong, dan Insya Allah juga bisa membatu daerah tetangga.

“Untuk itu, demi mewujudkan program “Orang Desa Sehat Kuat”, diharapkan agar para petani dapat berkebun, karena berkebun bisa sehat dan aman dari penyebaran wabah Covid-19, begitu juga dengan para nelayan, di laut juga masih aman dari Covid-19, asalkan tetap menjaga jarak dalam beraktifitas di kebun dan di laut. Serta rajin berolahraga dan berjemur di bawa terik matahari, selalu menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, hindari tempat perkumpulan dan jagan keluar rumah atau keluar daerah jika memiliki urusan yang belum terlalu penting,” tutur Bupati.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Bolmong Dra Hj yasti Soepredjo mokoagow didampingi Sekda Tahlis Gallang, telah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang hadir pada saat itu.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan yakni, dari Dinas Pertanian berupa benih padi sebanyak 211.800 Kg, pupuk Organik atau POC sebanyak 22.208 Liter, pupuk urea 700.000 Kg dan pupuk NPK 525.000 Kg. dan bantuan dari Dinas Perkebunan berupa benih jagung bisi 18 sebanyak 200.000 Kg, pupuk cair ZPT 24.000 liter, bibit jagung manis 150 saset, dan pupuk kompos untuk 30 lokasi. serta bantuan Dinas Perikanan untuk delapan kelompok pembudidaya ikan, berupa benih ikan nila sebanyak 200.000 ekor dan pakan ikan 4.000 Kg. Selanjutnya Bupati bersama Sekda melakukan gerakan tanam benih jagung di lahan samping Kantor Pertanian Bolmong. (Jr)

Artikulli paraprakBupati Yasti Salurkan Bantuan Sembako, Bibit dan Pupuk Untuk Masyarakat Bolmong Yang Terdampak Covid-19
Artikulli tjetërSekarang Daftar Masuk Sekolah Pakai Sistim Online

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.