Beranda Bolmong Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Bolmong Mulai Disalurkan

Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Bolmong Mulai Disalurkan

274
0

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai menyalurkan bantuan pangan sembako untuk masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di 15 Kecamatan yang tersebar di wilayah Bolmong. Rabu (06/05/2020).

Bantuan Pemkab Bolmong tersebut, bertujuan mewujudkan program Orang Desa Sehat Kuat dalam melawan pandemi Covid-19. Sejak pagi, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow secara resmi melepas kendaraan logistik yang mengangkut bantuan berupa beras dan sembako lainnya untuk disalurkan ke 200 desa dan 2 kelurahan di Bolmong.

Dalam penyaluran tersebut, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi oleh Wakil Bupati Yanny R. Tuuk, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Ketua TP PKK Bolmong Lesly Kaligis, Kajari Kotamobagu Hadianto SH, dan Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat.

Diketahui, Pemkab Bolmong akan memberikan bantuan sembako kepada 8.370 Kepala keluarga (KK), dimana masing-masing KK mendapatkan beras premium sebanyak 36 kilogram, minyak kelapa dua liter, empat buah ikan kaleng, telur 30 butir dan lima kaleng susu.

Bupati Yasti, dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Sosial (Dinsos) Bolmong atas kinerja dalam penyediaan bantuan tersebut.

“Meskipun Kabupaten Bolmong sedikit terlambat dalam penyaluran bantuan ini, tetapi Insya Allah pada bulan Mei ini ada dua kali penyaluran bantuan, itu dikarenakan pembahasan kita baru selesai karena butuh waktu dalam penyediaan beras, awalnya dengan Bulog akan tetapi mereka sanggupnya tiga minggu baru ada beras dalam arti sekitar tanggal 20 baru penyediaannya ada. Sehingga untuk sementara kita mencari di tempat lain agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan cepat,” ucap Bupati.

Lanjutnya, bantuan tersebut menggunakan APBD, dimana Pemkab Bolmong telah melakukan top up anggaran sebanyak 4.122 KK selaku penerima BPNT yang bersumber dari APBN.

“Bantuan BPNT nilainya 200 ribu rupiah, sedangkan bantuan yang disalurkan pemkab Bolmong totalnya 600 ribu Rupiah. Menanggapi itu, supaya adil kita melakukan top up dalam bentuk beras premium 36 Kg, sehingga semua sama total nilainya 600 ribu,” jelas Bupati.

Bupati Yasti menambahkan, program bantuan tersebut telah disiapkan dalam jangka waktu sembilan bulan lamannya, hingga Desember 2020 mendatang. Dan data yang ada dari 4.122 dan 4.248 KK bersumber dari data terpadu Kemensos.

“Tidak ada data dari Pemkab Bolmong yang di luar Data Terpadu Kementrian Sosial (DTKS),” beber Bupati.

Sementara, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana desa (Dandes), Bupati Yasti mengaku memang berada di luar APBD murni, karena itu dikelola langsung oleh Kepala desa (Kades), namun menurutnya Pemkab Bolmong tetap bertanggungjawab dalam memberikan pembinaan dan pengarahan agar supaya seluruh bantuan baik yang disalurkan lewat APBD maupun Dandes bisa tepat sasaran.

“Saya sudah instruksikan kepada para camat agar mendampingi para Kades dalam penyaluran sembako maupun BLT kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, agar supaya penerimanya betul-betul yang berhak, dan tepat sasaran,” tutur Bupati. (Jr)

Artikulli paraprakLelang Kendaraan Dinas Pemkot Gunakan Sistim Online
Artikulli tjetërBupati Yasti Salurkan Bantuan Sembako, Bibit dan Pupuk Untuk Masyarakat Bolmong Yang Terdampak Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.