Beranda Advertorial Pemerintah Kecamatan dan Desa se-Bolmong Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Masing-Masing

Pemerintah Kecamatan dan Desa se-Bolmong Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Masing-Masing

231
0

ADVETORIAL

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Menindaklanjuti surat imbauan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk tentang pencegahan penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Bolmong melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di masing-masing wilayah.

Penyemprotan tersebut, di kordinir langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dan aparat TNI/Polri. Dimana, semua tempat umum, seperti ruang publik terbuka, masjid, gereja, pura dan rumah-rumah warga di semprot denga cairan Disinfektan.

Menurut, Kepala Dinkes Bolmong, dr Erman Paputungan mengatakan, langka ini merupakan upaya untuk mempersempit penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Bolmong. dr Erman juga mengatakan penyemprotan serentak yang dilaksanakan oleh pihak kecamatan dan desa di Kabupaten Bolmong merupakan bagian dari perintah Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Iya, penyemperotan disinfektan ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bolmong. Ini juga merupayakan tindaklanjut dari instruksi perintah Bupati,” ucap dr Erman, Senin (06/04/2020).

Lanjut dr Erman, untuk cara pembuatan disinfektan, terlebih dulu pihak Dinkes Bolmong melakukan soalisasi kepada pihak Pemerintah Kecamatan dan Desa, sekaligus memberikan edukasi penggunaannya. Pihak Dinkes Bolmong juga telah menerapkan protokoler kesehatan kepada masyarakat dengan cara mensosialisasikan dampak akan bahaya Covid-19, serta melakukan pemeriksaan menyeluruh ke setiap desa.

“Jadi, semua Kecamatan sudah diberikan pembekalan dan pendampingan pembuatan dan penggunaan disinfektan secara mandiri. Ditambah lagi, seluruh kesehatan masyarakat telah diperiksa oleh tim medis yang ada di Puskesmas setempat,” bebernya.

Langka ini telah ditanggapi positif oleh pihak Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa se Kabupaten Bolmong. Buktinya, semua telah menindaklanjuti instruksi Pemeintah Daerah tesebut. Aktivitas yang sama tampak dilakukan yakni pencegahan penyebaran Covid-19.

Di Kecamatan Dumoga Timur, seluruh desa diarahkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tempat umum, rumah ibadah, dan rumah warga.

“Sejak ada instruksi dari Pemerintah Daerah (Pemda), kita langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Dumoga Timur dan untuk menindaklanjutinya. Kita juga sudah melakukan penyemprotan Disinfektan di rumah ibadah hingga ke rumah-rumah warga,” ucap Camat Dumoga Timur Jootje Tumalun.

Senada, Camat Dumoga Heliek Manggopa juga menyampaikan, pihaknya sudah melakukan penyemprotan cairan Disinfektan di Kecamatan yang dipimpinnya tersebut.

“Kita langsung menggerakan semua pihak di Kecamatan Dumoga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan hingga ke rumah-rumah warga. Pemerintah Desa juga sangat antusias melakukan penyemprotan secara mandiri, sesuai dengan anjuran dari petugas kesehatan Dinkes Bolmong,” ujarnya.

Sementara itu, di Kecamatan Dumoga Utara, juga berupaya semaksimal mungkin untuk mencegahan penyebaran wabah Covid-19 ini. Selain melakukan penyemprotan Disinfektan di tempat-tempat umum dan rumah warga. Kantor Camat Dumoga Utara pun telah menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung yang datang. Dengan fasilitas seadanya, pihak pihak Kecamatan telah meyiapkan sebuah galon berisikan air bersih dan sabun antiseptic yang di letakkan di sebelah kiri pintu masuk, lengkap dengan sebila kertas yang bertuliskan ‘Waspada Corona. Sebelum Masuk Cuci Tangan Dahulu.

“Jadi, untuk masyarakat Kecamatan Dumoga Utara yang datang mengurus administrasi, atau aparat desa yang berkepentingan di kantor camat pun langsung singgah mencuci tangan sebelum memasuki kantor. Ini salah satu antisipasi memutus rantai penyebaran virus corona, sesuai instruksi ibu bupati,” ujar Camat Dumoga Utara, Hamandu Mamonto.

Diketahui, dalam surat imbauan, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow mengajak kepada seluruh jajaran ASN dan masyarakat Bolmong, untuk dapat memperhatikan kebersihan lingkungannya masing-masing, menerapkan pola hidup sehat dan melakukan tindakan pencegahan dengan sering mencuci tangan mengunakan sabun pada air mengalir atau dapat menggunakan Hand Sanitizer.

Memakai masker bagi yang batuk, pilek ringan. Menutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu/tangan, menjaga jarak dalam bercakap-cakap, minimal 1 meter. Segera ke fasilitas kesehatan, bila mengalami gejala seperti demam diatas 38 derajat, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. (Jr/Adve)

Artikulli paraprakSebanyak 41 Tahanan Rutan Kotamobagu Dirumahkan
Artikulli tjetërInteraksi Coffee And Roastery Sajikan Kopi Ternikmat Berkualitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.