Beranda Kotamobagu Ingin Tau Terbebas Dari Covid-19, Warga Luar Daerah Datangi Puskesmas Mocil

Ingin Tau Terbebas Dari Covid-19, Warga Luar Daerah Datangi Puskesmas Mocil

199
0

Kotamobaguonline.cpm KOTAMOBAGU – Sejumlah warga dari luar daerah Kota Kotamobagu, terlihat berbondong-bondong datang ke Puskesmas Motoboi Kecil. Kedatangan warga tersebut rupanya ingin memeriksakan kesehatan diri apakah aman dan terbebas dari wabah Virus Corona atau Covid-19.

Sementara, menurut Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat dan P2P Dinas Kesehatan Kotamobagu, Lindawati Hasan, kedatangan warga tersebut kemungkinan telah menerima informasi bahwa di Kota Kotamobagu tepatnya di Puskesmas Motoboi Kecil, ada klinik yang disediakan khusus memeriksa Virus Corona.

“Setelah kami periksa identitas diri ternyata banyak yang datang dari luar Kota Kotamobagu. Alasan mereka ketika memeriksa kesehatan tentang Covid-19, di Puskesmas di wilayahnya, namun disuruh untuk datang ke Puskesmas Motoboi Kecil. Padahal Puskesmas Motoboi Kecil khusus melayani warga Kota Kotamobagu, namun karena rasa kemanusiaan maka kami tetap melayani mereka,” ujar Indah, sapaan akrab Lindawati Hasan.

Melihat kondisi seperti ini, Indah mengatakan pihaknya akan berkordinasi dengan Pemerintah yang ada di wilayah warga tersebut.

“Kita akan berkordinasi dengan pemerintah daerah dimana asal mereka tinggal sesuai dengan KTP yang dimiliki dan akan mengarahkan mereka kesana. Sebab disetiap daerah saat ini mempunyai tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” terang Indah.

Meski demikian Indah menjelaskan, untuk Puskesmas Mocil Kecil, hanya melakukan pemeriksaan awal atau Screening kesehatan bagi para pelaku perjalanan yang baru datang dari daerah pandemi.

“Apabila ada gejala seperti panas, flu, batuk, maka akan ditetapkan sebagai Orang Dalam Pengawasan (OD). Dan jika pelaku perjalanan yang setelah diperiksa dalam kondisi sehat, masuk dalam kategori Pelaku Perjalanan Sehat (PPS). Nah, kami juga akan tetap melakukan pemantauan kepada para pelaku perjalanan yang di karantina selama 14 hari,” ujarnya.

Artikulli paraprakJalan Masuk BMR Dikunci 1×24 Jam
Artikulli tjetërMasuk Pasar Di Kotamobagu Harus Patuhi Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.