Beranda Bolmong Fika Almira, Satu-Satu Wasit Perempuan Yang Bertugas Dalam Laga Open Turnamen Bupati...

Fika Almira, Satu-Satu Wasit Perempuan Yang Bertugas Dalam Laga Open Turnamen Bupati Cup I

663
0

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Hakim lapangan atau yang biasa disebut wasit, merupakan salah satu profesi yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah pertandingan olahraga. Terlebih pada laga Open Turnamen Bupati Cup I yang sedang berlangsung di lapangan Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 19/105 Tarik Bogani saat ini, kehadiran wasit-wasit berlisensi sangat dibutuhkan.

Menariknya, dari 37 wasit yang telah disiapkan untuk memimpin jalannya laga Open Turnamen Bupati Cup I, ada satu wasit perempuan yang bertugas.

“Namanya Fika Almira Amir, satu-satunya wasit perempuan berlisensi nasional yang ada di Bolmong,” ungkap Adam Daud selaku Pengawas Wasit saat ditemui usai pertandingan. Jum’at (13/03/2020).

Lanjutnya, Fika sudah sering bertugas dalam setiap pertandingan sepakbola.

“Dia (Fika, red) baru kembali dari Manado. Dirinya baru selesai bertugas dalam Liga Puteri,” jelasnya.

Ditanya soal, apakah Fika bisa menjadi Wasit Utama dalam Laga Open Turnamen Bupati Cup I. Adam menjelaskan, bahwa, dari semua wasit yang ada, akan dirolling dalam setiap penugasannya.

“Sehingga dengan begitu, ada kemungkinan untuk Fika bisa menjadi Wasit Utama dalam memimpin salah satu pertandingan di Open Turnamen Bupati Cup I ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Fika sendiri saat di konfirmasi, mengaku sangat menikmati profesinya saat ini.

“Saya sudah dua tahun menjadi wasit, terhitung sejak januari tahun 2019 lalu, dan saya sudah menjalani tes untuk menjadi wasit berlisensi C1 nasional,” ucapnya.

Wasit perempuan yang juga masih tercatat sebagai pelajar SMA itu, berkisah bahwa dalam tes dan seleksi yang dia jalani, hampir semuanya sama dengan tes dan seleksi pada wasit laki-laki.

‘Ya, hampir semua sama, hanya dibedakan pada tes fisik, kalau perempuan waktunya agak lebih cepat dari pada laki-laki, untuk tes lainnya semua sama,” bebernya.

Diketahui, dalam laga Open Turnamen Bupati Cup I, Fika sudah tiga kali ditugaskan. menjadi Asisten Wait (AW) 1 kali dan menjadi wasit cadangan 2 kali. (Jr)

Artikulli paraprakPemkot Bakal Tutup RM Sri Rejeki
Artikulli tjetërFestival Kuliner Bakal Hadirkan Barista Dan Beragam Produk Kopi Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.