Beranda Bolmong Buka Kegiatan Gebyar Paud. Wabup Yanny: Pendidikan Adalah Aset Penting Bagi Kemajuan...

Buka Kegiatan Gebyar Paud. Wabup Yanny: Pendidikan Adalah Aset Penting Bagi Kemajuan Bangsa

230
0

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Kegiatan Gebyar Paud dan Pawai Karnaval yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Rabu (11/03/2020), pagi tadi di halaman Kantor Bupati Bolmong, berjalan sangat meriah.

Kegiatan itu, di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolmong, Yanny Ronny Tuuk. Dimana dalam sambutanya menyampaikan, apresiasi dan menyambut baik atas pelaksanan kegiatan hari ini. Karena kegiatan ini merupakan wahana bermain, belajar dan berkreasi bagi anak-anak di Kabupaten Bolmong.

“Terimakasih juga kepada para Kepala Sekolah, para Guru pengajar dan para Guru pendamping serta kepada seluruh orang tua murid, karena sudah bersedia mengikutsertakan anak-anaknya dalam kegiatan ini,” ucap Wabup.

Lanjutnya, Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan suatu bangsa dan negara, sehingga setiap warga negara diharuskan dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

“Pendidikan anak usia dini wajib di ikuti oleh setiap warga negara Indonesia, sebab pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang menuju pendidikan dasar, sebagai mana yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan yaitu perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik, kecerdasan, sosioemosional serta bahasa dan komunikasi,” jelas Wabup.

Sambungnya, kegiatan ini juga merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan kreatifitas anak dalam mengembangkan intelektual, keterampilan dan budaya, serta membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri untuk menghadapi tantangan di era modernisasi saat ini. Berdasarkan survey, 90% fisik otak terbentuk di usia 5 tahun atau disebut golden age dan di usia inilah masa berkembangnya karakter anak-anak.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mengembangkan intelektual, keterampilan, budaya dan budi pekerti, yang nantinya bisa mewujudkan kualitas pendidikan yang maksimal dan berkarakter,” beber Wabup.

Dirinya juga berharap agar lebih banyak lagi anak-anak di Indonesia khususnya di Kabupaten Bolmong, menjadi anak yang berprestasi di segala bidang ilmu pengetahuan, bukan hanya di tingkat Kabupaten atau tingkat Provinsi, melainkan juga di tingkat Nasional bahkan Internasional, sehingga dapat berperan aktif dan menjadi pemimpin di negara Indonesia.

Tambahnya, kepada para orang tua peserta juga diharapkan agar dapat memahami, bahwa anak-anak mereka merupakan aset masa depan, aset bangsa dan penentu kemajuan kehidupan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

“Mari kita rawat dan asuh anak-anak kita dengan kasih sayang dan penuh tanggungjawab, kita tumbuhkan keunggulan anak-anak agar mereka bisa terus tumbuh menjadi insan yang cerdas, berkepribadian yang luhur, jujur, berakhlak mulia, santun dan beretos kerja tinggi demi menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Wabup.

Diakhir sambutan Wabup Bolmong juga berpesan agar sama-sama bertekad untuk meyelamatkan dan memberi perlindungan kepada anak-anak dari kekerasan, kejahatan maupun traficking dan eksploitasi anak, serta berikan hak asuh, hak pendidikan dan perlindungan yang maksimal.

“Kepada dewan juri diharapkan agar betul-betul menyeleksi dan melakukan penilaian secara objektif, sehingga nanti perwakilan dari Kabupaten Bolmong yang akan mengikuti lomba di tingkat Provinsi, betul-betul merupakan wakil daerah yang berkualitas dan patut dibanggakan,” tutur Wabup. (Jr)

Artikulli paraprakTatong Terima Kunjungan Ketua Komisi IX DPR-RI
Artikulli tjetërIni Jadwal dan Hasil Pertandingan 16 Besar Open Turnamen Bupati Cup I

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.