Beranda Bolsel Tempat Wisata Pulau Lampu Di Bolsel Banyak Miliki Daya Tarik

Tempat Wisata Pulau Lampu Di Bolsel Banyak Miliki Daya Tarik

698
0

Kotamobaguonline.com, BOLSEL – Tempat wisata Pulau Lampu yang ada di Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), rupanya banyak memiliki daya tarik wisatawan baik Lokal maupun Asing.

Di Pulau Lampu tersebut terdapat tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti pasir pantau yang eksotis juga tempat atau wadah penampung air hujan, sumur air tawar. Selain itu, terdapat beberapa situs peninggalan sejarah yakni gedung pengawasan, dan mercusuar berumur ratusan tahun yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru saat meninjau langsung lokasi wisata Pulau Lampu belum lama ini, mengungkapkan tempat wisata Pulau Lampu ini, memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, pulau Lampu juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

“Pulau Lampu ini memiliki daya tarik tersendiri dan wajib kita merawatnya dan dilestarikan bahkan kita kembangkan untuk destinasi wisata yang akan menarik banyak Wisatawan,” ujar Kamaru.

Kamaru bahkan menjelaskan, sewaktu saat sebagai anggota DPRD Bolmong, Ia menjadi salah satu saksi bahkan tokoh pemekaran kecamatan pinolosian Timur.

“Pada Tahun 2005 saya masih menjabat DPRD Bolaang Mongondow, sempat mengunjungi kecamatan persiapan Pinolosian Timur ini sampai ke desa Iligon bersama bapak Herson Mayulu,” jelas Kamaru.

Kamaru menambahkan, sekarang ini akses ke desa Iligon transportasinya sudah bagus dibandingkan waktu itu, yang menggunakan transportasi laut dan melewati bukit.

Sementara itu, dari sisi sejarah Pulau Lampu terdapat menara Suar Pondang yang sangat bersejarah.

Dikarenakan, bangunan bersejarah tersebut berdiri pada tahun 1802 digunakan untuk menyimpan peralatan.

“Menara mercusuar ini peninggalan belanda dan masih berfungsi sebagai petunjuk arah kapal -kapal pada malam hari,” ujar Lusfia Laua yang dikenal penjaga menara bersejarah ini.

Laua mengatakan, di Pulau Lampu tersebut terdapat wadah penampung air hujan, sumur air tawar, gedung pengawasan, dan mercusuar berumur ratusan tahun yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Jika ini mendapat perhatian lebih dari Pemda, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” harapnya.

Diketahui dalam peninjauan ini Bupati didampingi oleh, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy, Asisten I Ramli Abdul Madjid, Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kadis Perhubungan, dan Kadis Pariwisata.

Artikulli paraprakCemburu Istri Berboncengan Dengan Pria Lain Suami Hadiahi Bogem Di Wajah Istri
Artikulli tjetërBupati Boltim Sehan Landjar Kukuhkan UPP Pungli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.