Beranda Bolsel DLH Bolsel Lakukan Penilaian Adiwiyata di 8 Sekolah

DLH Bolsel Lakukan Penilaian Adiwiyata di 8 Sekolah

437
0
Kotamobaguonline.com, BOLSEL – Sedikitnya 8 sekolah ikut penilaian Adiwiyata tahun 2020 tingkat kabupaten yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).
Kepala DLH Surahman Sugeng mengatakan kegiatan ini sudah sering dilakukan dengan tujuan agar anak-anak di sekolah bisa sadar dan ikut menjaga lingkungan sekolah dari sampah plastik.
” Karena penilaian Adiwiyata itu adalah bagaimana menilai sebuah sekolah yang ramah dan peduli pada lingkunga terutama kebersihan,” Tutur Kadis.

Penilain Adiwiyata ini dilakukan pada Selasa (4/2/2020). Kadis menambahkan 8 sekolah yang ikut penilaian Adiwiyata diantaranya, SDN 2 Tolondadu, SDN Sondana, SDN Popodu, MTS 1 Tolondadu, MIN 1 Tolondadu, dan SMP Molibagu.

“Setelah dilakukan penilaian, nantinya pihak DLH akan mengumumkan sekolah mana yang paling ramah lingkungan tahun ini,” ucapnya.

Selfiati Derek Kasie Pengaduan, penegakan hukum, dan peningkatan kapasitas DLH Bolsel mengatakan ada beberapa hal yang dinilai pihaknya hari ini.

Mulai dari visi dan misi sekolah harus menjaga lingkungan, hingga mempersiapkan Bank Sampah.

“Selain itu, sekolah akan diberi nilai plus jika berhasil mengubah sampah plastik menjadi hal-hal yang indah dan nilai jual. Untuk sampah seperti kertas dan daun, sekolah bisa mengolahnya jadi pupuk,” tegasnya.

Selfi berharap kedepannya semakin banyak sekolah yang peduli pada lingkungan.

“Bukan hanya saat hendak mengikuti penilaian Adiwiyata saja. Tapi setiap hari sekolah harus memberikan pemahaman pada siswa terkait bahaya membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Terpisah, Kabid Penaatan, Penataan, dan Peningkatan Kapasitad DLH Roysul Mamonto mengatakan nantinya dari juara pertama hingga ketiga dalam penilaian Adiwiyata ini, akan dinilai untuk bertarung ditingkat provinsi Sulut.

“Jadi 3 sekolah yang menang akan ikut bertarung ditingkatan Provinsi. Tapi DLH tetap membuka diri bagi sekolah lain yang ingin ikut berpartisipasi, asalkan sekolahnya harus benar-benar siap,” tegasnya.

Artikulli paraprakStandar Pelayanan Publik Pemkab Bolmong Berada Pada Zona Kuning
Artikulli tjetër98 Warga Kota Kotamobagu Positiv HIV AIDS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.