Beranda Bolmong Progres Pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 Disnakertrans Bolmong Sudah 75%, Ini Persyaratannya

Progres Pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 Disnakertrans Bolmong Sudah 75%, Ini Persyaratannya

392
0

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus memaksimalkan pelayanan pembuatan Kartu Kuning atau biasa disebut dengan AK-1, bagi para pencari kerja yang ada di Kabupaten Bolmong.

Menurut, Kepala Disnakertrans Bolmong, Ramlah Mokodongan, sampai dengan saat ini, Progres pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 oleh Disnakertrans, sudah mencapai 75% di tahun 2019 ini.

“Rata-rata para pencari kerja yang membuat kartu kuning atau AK-1 ini berasal dari kalangan pemuda yang baru lulus Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sarjana (S1),” ucap Ramlah.

Lanjutnya, pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 ini tidak di pungut biaya alias gratis. Hanya saja, para pencari kerja harus menyediakan berkas sebagai syarat untuk membuat kartu ini.

“Jadi, berkas yang harus di siapkan oleh para pencari kerja yakni, 1 lembar foto copy KTP, 1 lembar foto copy Kartu Keluarga, 2 lembar foto berukuran 3×4 cm, dan 1 lembar foto copy ijazah pendidikan terakhir,” jelasnya.

Tambahnya, selain syarat yang diatas, bagi pencari kerja yang memiliki sertifikat uji kompentesi atau sertifikat pelatihan, alangkah baiknya, dilampirkan dalam persyaratan pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 ini. Karena dengan adanya setifikat ini, dapat membantu dan mempermuda para pencari kerja untuk di terima di perusahaan yang dilamarnya.

“Hampir semua para pencari kerja yang melampirkan sertifikat dalam pembuatan Kartu Kuning atau AK-1 ini telah di terima di perusahaan yang mereka lamar dan saat ini mereka sudah berkerja dan menjadi kariawan di perusahaan tersebut,” tuturnya. (Jr)

Artikulli paraprakDua Penghargaan Diterima Walikota Kotamobagu
Artikulli tjetërBuka Sosialisasi KIM, Tahlis Gallang: Sekdes Sebagai Sumber Informasi Kegiatan di Desa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.