Beranda Bolmong Tiga Kecamatan di Bolmong Mulai Krisis Air Bersih

Tiga Kecamatan di Bolmong Mulai Krisis Air Bersih

265
0

Kotamobaguonlin.com, BOLMONG – beberapa Desa di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mulai mengalami krisis air bersih.

Tercatat dari data yang di release Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong. Rabu (25/09/2019) ada enam Desa di Kabupaten Bolmong yang saat ini sedang mengalami krisis air bersih.

“Ya, dampak musim kemarau yang melanda Kabupaten Bolmong, saat ini mulai dirasakan masyarakat, mulai dari gagal panen hingga kesulitan air bersih,” Ungkap Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga.

Lanjutnya, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dalam hal ini, Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. BPBD Bolmong hari ini menyalurkan air bersih di Kecamatan Passi Barat.

“Setela mendapatkan info permintan air bersih dari Pemerintah Desa setempat, BPBD Bolmong langsung turun melakukan Asessesment, terdapat dua Desa di Kecamatan Passi Barat yang mengalami krisis air bersih, masing-masing Desa Bintau dan Desa Wangga,” jelasnya,

Sambungnya, sebelumnya juga BPBD Bolmong telah menyalurkan air bersih di dua desa lainnya, yakni Desa Bolangat Timur, Kecamatan Sang Tombolang, dan Desa Lolan II, Kecamatan Bolaang Timur.

“Dengan dukungan dua unit armada Tangki Air BPBD dan PDAM Bolmong masing-masing berkapasitas 5000 L. Hari ini BPBD Bolmong telah menyalurkan air bersih sebanyak 55.000 liter,” tuturnya.

Tambahnya, berdasarkan siaran pers Peringatan Dini Kekeringan Meteorologis BMKG Stasiun Klimatologi Minut update 22 September 2019. Ada dua Kecamatan di wilayah Kabupaten Bolmong yang sudah masuk pada level Waspada.

“Dua Kecamatan itu yakni wilayah Kecamatan Bolaang dan Kecamatan Dumoga, sehingga diperkirakan Desa yang akan mengalami Krisis Air bersih akan terus bertambah,” bebernya. (Jr)

 

Berikut Data Desa-Desa yang melakukan Permintaan air bersih dan total Air bersih yang sudah disalurkan BPBD Bolmong hari ini:

Kecamatan Sang Tombolang.

– Desa Bolangat Timur = 25.000 Liter

Kecamatan Bolaang Timur.

– Desa Lolan

– Desa Lolan II = 10.000 Liter

Kecamatan Poigar.

– Desa Nonapan (Masih dilakukan Assesment)

Kecamatan Passi Barat.

– Desa Bintau = 10.000 Liter

– Desa Wangga = 10.000 Liter

 

(Sumber BPBD Bolmong)

Artikulli paraprakPuluhan Mahasiswa Duduki Kantor DPRD Kotamobagu
Artikulli tjetërTerbaik Dalam Implementasi Manajemen ASN, Pemkab Bolmong Dinobatkan Penghargaan BKN Awards 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.