Beranda Berita Utama Asset Masih Jadi Kendala Pemkab Bolmong Raih WTP

Asset Masih Jadi Kendala Pemkab Bolmong Raih WTP

175
0
Tanggapan Yasti Soal Rencana Pemkab Bolsel Bangun Tapal Batas 
Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Bolmong

Kotamobaguonline.com BOLMONG – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP) terhadap pemerintah kabupaten Bolmong, provinsi Sulut untuk pengelolaan keuangan tahun anggaran 2018, Senin (27/5/2019)

Pemberian opini oleh BPK RI ini, diakui Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow bukanlah kesalahan pada kinerja ASN di tahun 2018 yang tidak baik malaikan adanya persoalan yang belum selesai di tahun tahun sebelumnya.

“Permasalahan yang menyebabkan Pemda masih mendapat Opini TMP bukan pada masalah kinerja tahun 2018 kmrn tetapi masalah bawaan tahun tahun sebelumnya,” ujar Yasti, lewat rilis resmi yang diterima.

Bupati menjelaskan seperti diantaranya  persoalan asset pemerintah daerah sejak tahun 2012 sampai 2015 lalu.

“Terdapat Pencatatan aset tetap pada tahun 2012  sampai 2015 senilai Kurang lebih Rp134 miliar lebih, tidak dikavitalisasi  ke aset induknya. Dimana, rincian seluruh asset itu sudah ada, tapi mengalami gangguan ketika dilakukan penginputan.  Ada juga pencatatan aset tetap tahun 2012 sempai 2015 senilai Rp205 milyar lebih masih dicatat secara gelondongan. Dimana, masalah ini sebenarnya telah diurai tapi begitu di input ke sistim aplikasi simda BMD, aplikasi tersebut langsung eror. Ini yang sementara diperbaiki BPKP,” jelas Yasti.

Belum lagi ditambahkan bupati Yasti yakni ketidakberadaan sejumlah asset saat pemeriksaan oleh BPK RI beberapa waktu lalu, juga menjadi kendala mereka, sehingga mendapatkan TMP dalam LHP BPK RI.

“Jumlahnya ada sekitar 83 Lebih. Barang inventaris tersebut berdasarkan hasil penelusuran, masih banyak yang dikuasai oleh mantan pejabat sebelumnya, yang daftar namanya nanti akan di publikasi secara lengkap oleh pemda melalui media pasca lebaran,” tuturnya.

Yasti juga mengucapkan terima kasih kepada para ASN atas seluruh kinerjanya di tahun 2018, seraya meminta kepada para ASN yang ada di internal pemerintahannya, untuk tidak patah semangat dan tetap menjaga motivasi kerjanya yang sudah membaik.

“Saya harapkan semua ASN tetap menjaga motivasi kerja, jangan terpengaruh dengan wacana yg berkembang. Saya tahu masalahnya bukan dari kalian tapi dari mereka sebelum kalian, justru kalianlah yang saat ini bersusah payah ingin membenahi carut marut di Bolmong. Sekali lagi terima kasih,” tandasnya

Artikulli paraprakRaih Opini TMP Oleh BPK, Ini Penjelasan Bupati Bolmong
Artikulli tjetërRaih TMP, Perangkat Daerah Bolmong Bakal Dievaluasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.