Beranda Advertorial Bupati Yasti Hadiri Pawai Ogoh – Ogoh

Bupati Yasti Hadiri Pawai Ogoh – Ogoh

356
0
Bupati Yasti Hadiri Pawai Ogoh - Ogoh
Bupati Yasti saat menghadiri kegiatan pawai ogoh-ogoh

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (06/03/2019), menghadiri acara Pelepasan Pawai Seni Ogoh-Ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 di Desa Adat Mopugad Kecamatan Dumoga Utara dan di Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah.

Acara Pelepasan Pawai Seni Ogah – Ogah ini dilaksanakan di masing – masing lapangan, yakni Lapangan Olahraga Desa Mopugad Utara dan Lapangan Hijau Desa Werdhi Agung.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat hari raya nyepi tahun baru saka 1941, kepada saudara umat hindu yang di Kabupaten Bolmong.

Ia juga mendoakan, dan berharap semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

“Perayaan hari raya nyepi ini, akan menjadikan umat hindu sebagai pribadi yang selaras dengan Tuhan yang Maha Kuasa,” ungkap Bupati.

Lanjut Bupati, pawai ogoh-ogoh merupakan tradisi luhur umat hindu, yang merupakan kelanjutan dari upacara Tawur Agung Kesanga, yaitu suatu ritual untuk mewujudkan keseimbangan dan keharmonisan alam semesta.

“Dengan habis terbakarnya ogoh-ogoh ini, maka saudaraku umat hindu akan siap memulai kehidupan yang baru,” ucap Bupati.

Tak hanya itu, Bupati juga mengingatkan kepada warga bali yang sudah lama tinggal di Kabupaten Bolmong, untuk tidak lagi menyebut orang bali tapi harus menjadi warga Bolmong. Dimana Bupati juga mengusulkan kepada warga Mopugad dan Werdhi Agung, agar tahun berikutnya Pelaksanaan Pawai Seni Ogoh-Ogoh digabungkan atau disatukan saja. Sehingga pelaksanaannya secara bergantian untuk kedua tempat ini. Jadi di tahun ini Desa Werdhi Agung kemudian tahun berikutnya di Desa Mopugad.

“Jadi, jika nanti acara ini disatukan maka pelaksanaan kegiatan ini akan lebih meriah dan lebih banyak menghadirkan peserta dan pengujung sekaligus dapat dijadikan obyek wisata bagi warga di Kabupaten Bolmong dan sekitarnya,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengajak kepada warga Mopugad dan Werdhi Agung untuk mendoakan warga kita bersama yang terkena musibah longsor tambang di Desa Bakan.

“Mari Sama-sama kita mendoakan, semoga saudara kita yang telah meninggal dunia, akan diterima oleh Tuhan yang Maha Esa,” ajaknya.

Sekadar diketahui, acara ini turut dihadiri oleh Dandim 1303 Bolmong, Letkol Infanteri Sigit Dwi Cahyono, Calon Anggota DPD-RI Dapil Sulut Cherish Harriette, Anggota DPRD Kabupaten Bol-Mong, Asisten Administrasi Umum Sekda Bol-Mong Drs. Ashari Sugeha, para calon anggota DPRD Provinsi Sulut dan calon anggota DPRD Kabupaten Boong serta Tim Kerja Humas dan Protokol Setda Bolmong

advertorial

Artikulli paraprakCPNS Bolmong Mulai Ngantor
Artikulli tjetërSetwan Sulut Juara Umum, Mononutu Beri Apresiasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.