Beranda Berita Utama Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

295
0
Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan
Suasana Musrenbang di Kecamatan Passi Timur

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan Musyawara Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di dua Kecamatan yakni Kecamatan Passi Timur dan Kecamatan Bilalang Kabupaten Bolmong, Selasa (12/02/2019).

Musrenbang yang dilaksanakan di masing – masing balai desa ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang SIP MM. DIMANA Sekda Tahlis Gallang menyampaikan, semua usulan musrenbang harus di singronkan dengan pembahasan Reses yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong nantinya.

“Harus singkron, karena jika usulan musrembang dan reses berbeda maka kegiatan desa yang diusulkan tidak akan terealisasi, artinya, usulan yang sudah ada di musrembang harus dibahas juga disaat ada reses dari DPRD Bolmong begitupun sebaliknya usulan yang dibahas dalam reses lagislatif harus di usulkan dalam musrenbang agar bisa singkron, dan terealisasi dengan baik,” ungkap sekda.

Lanjut Sekda, hasil musrenbang kecamatan juga harus di sesuaikan dengan Rencana Jangka Panjang (Renja) Awal Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang di ambil dari Rencana Strategis (Renstra) sesuai dengan tema tahun 2020 dimana mencantumkan prioritas sektor pertanian, perikanan, periwisata melalui Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang di artikan secara luas.

“Arti luas dalam tema tersebut sangat banyak sehingga jika usulan Musrenbang nantinya singkron dengan Renja dan Renstra SKPD maka usulan tersebut juga akan mendapatkan poin lebih, serta akan jadi prioritas utama dalam pembahasan nantinya,” jelas sekda.

Sambungnya, jika semua usulan singron dari mulai Musrenbang Kecamatan, Pokok Pikiran Legislatif yang dihasilkan dari Reses DPRD, serta tercantum juga dalan Renja dan Renstra SKPD maka nilai poinnya lebih dan bisa jadi itu yang diprioritaskan.

“Namun masih ada Penentu akhir dari nilai tersebut, penentunya ialah nilai admistrasi dan Teknis yang akan diberikan oleh SKPD ketika nantinya akan melakukan ferifikasi di lapangan terkait usulan yang mendapatkan poin lebih atau menjadi prioritas dalam usulan tersebut,” jelas sekda.

Tambahnya, tujuan dari musrenbang ini adalah pendekatan kepada masyarakat terkait pemamfaatan bersama pembangunan di Desa. “Ini dilakukan agar nantinya SKPD yang akan melakukan ferifikasi, tidak akan mendapatkan masalah ketika turun di lapangan,” tutur sekda.

Sekedar di ketahui, Sekda Tahlis Gallang SIP MM didampingi oleh para Kepala – Kepala SKPD saat membuka musrenbang ini. Serta Camat, para Sangadi, Perangkat Desa dan Masyarakat sangat antusias mengikuti Musrenbang ini.

jumrin potabuga

Artikulli paraprakGelar Bimtek, DPRD Provinsi Sulut Bahas E-Planning
Artikulli tjetërHadiri III Tahun Kepemimpinan OD-SK, Bupati Harap Bolmong Lebih Diperhatikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.