Beranda Advertorial Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan

Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan

360
0
Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan
Sekda Tahlis Gallang, saat menyerahkan bantuan

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (23/01/2019), menyerahkan paket bantuan Perikanan Tangkap kepada 23 kelompok, yang ada di 5 Kecamatan pesisir Pantai Utara (Pantura).

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, bertempat di lokasi galangan Kapal PT Bitung Sarana Mulia, Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolmong.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bolmong Wahyudin Gonibala mengatakan, penyerahan sarana dan prasarana perikanan tangkap ini adalah salah satu upaya untuk mendukung visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk, dalam mewujudkan kehidupan masyarakat nelayan di Kabupaten Bolmong yang lebih hebat dan sejahtera melalui percepatan kegiatan peningkatan sarana dan prasarana perikanan tangkap melalui bidang perikanan.

Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan

“Penerima bantaun ini ada 23 Kelompok Nelayan Tangkap yang tersebar  di 5 Kecamatan Pesisir Pantura yakni, Kecamatan Poigar terdiri dari 2 kelompok, Kecamatan Bolaang Timur, 8 kelompok, Kecamatan Bolaang 5 kelompok, Kecamatan Lolak 7 kelompok dan Kecamatan Sangtombolang 3 kelompok,” jelas Gonibala.

Lanjutnya, Bantuan yang di serahkan kali ini, dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah APBD tahun  2018, yang terdiri

“Bantuan perikanan tangkap yang diserahkan kali ini masing-masing, Kartu Bantuan Premi Asuransi Nelayan yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2018 sebanyak 1102 kartu, Sarana dan Prasarana Perikanan Tangkap bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun Anggaran 2018 terdiri dari perahu, mesin tempel 15 PK, senar, alat pancing, pelampung beserta sarana tangkap lainnya sebanyak 14 Paket dengan total anggaran sebesar Rp. 1.178.100.000, dan mesin katinting 9 PK sebanyak 45 unit yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kabupaten Bolmong Tahun Anggaran 2018 dengan total anggaran sebesar Rp. 314.820.000,” ungkapnya.

Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan

Sementara itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan, paket bantuan perikanan tangkap yang diserahkan pada hari ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Bolmong, kepada para nelayan yang tergabung dalam kelompok, dan tentunya Pemkab Bolmong dalam hal ini Dinas Perikanan pada saat menentukan kelompok penerima, dilakukan secara objektif serta terdapat kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh kelompok penerima.

“Paket bantuan perikanan tangkap yang diterima oleh kelompok nelayan kali ini, diharapkan dapat digunakan bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya karena paket bantuan ini bukan milik pribadi atau perorangan, sehingga pemanfaatannya juga harus bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya,” tambahnya.

Lanjutnya, dengan adanya paket bantuan ini kiranya lebih memudahkan nelayan untuk mendapatkan ikan hasil tangkapan, yang pada akhirnya pendapatan ekonomi nelayan itu bisa semakin meningkat.

Pemkab Bolmong Serahkan Bantuan Kepada 23 Kelompok Nelayan

Dirinya berharap kelompok nelayan penerima paket bantuan, supaya dapat menjaga dan memelihara berbagai sarana dan prasarana yang telah diserahkan sehingga dapat difungsikan dalam jangka waktu yang lama

“Sekaligus mengingatkan kepada kelompok penerima, agar tidak menjual paket bantuan yang telah diberikan karena tim dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bolmong setiap saat akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan paket bantuan yang telah diserahkan,” harapnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam kegiatan itu. Kepala Dinas PMD, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Sangtombolang, Para Camat dan Sekcam di Wilayah Pesisir, Sangadi Babo dan beberapa Sangadi Desa Penerima Paket Bantuan, Penyuluh Perikanan serta Kelompok Penerima Bantuan Paket Perikanan Tangkap.

advertorial

Artikulli paraprakPansel Umumkan Seleksi Admistrasi 20 JPT Pemkab Bolmong
Artikulli tjetërPemkab Bolmong Terapkan Perda Parkir Khusus Fasilitas Umum

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.