Beranda Berita Utama Makam Istri ke Delapan Presiden RI Pertama Terletak di Kelurahan Kotobangon

Makam Istri ke Delapan Presiden RI Pertama Terletak di Kelurahan Kotobangon

256
0
Makam Istri ke Delapan Presiden RI Pertama Terletak di Kelurahan Kotobangon
Makam istri ke 8 Presiden Soekarno. foto alfian limpaton

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Satu lagi peninggalan sejarah Bolaang Mongondow yang belum banyak diketahui bahkan warga Bolaang Mongondow Raya (BMR), padahal salah satu situs bersejarah yang terletak di Jalan Siliwangi Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Barat, yaitu makam Bua C Kartini Manoppo, konon katanya adalah salah satu Istri Presiden Pertama Republik Indinesia, Ir Soekarno.

Kartini Manoppo yang diketahui lahir pada 1939-1990 lalu adalah istri kedelapan Soekarno yang menikah pada 1959. Mereka dikaruniai anak bernama Totok Suryawan Sukarno pada tahun 1967. Semasa hidupnya Kartini Manoppo sendiri pernah bekerja sebagai pramugari di Garuda Indonesia.

Soekarno dan Kartini Manoppo bertemu saat melihat lukisan karya Basuki Abdullah, dimana Kartini menjadi model dari lukisan tersebut. Sejak saat itu, Kartini Manoppo tak pernah absen tiap kali Soekarno pergi ke luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Moch Agung Adaty, mengatakan, makan Kartini Manoppo merupakan situs sejarah yang ada di Kotamobagu, sehingga perlu adanya perawatan dan pemeliharaan.

“Kita sudah rencanakan pemeliharaannya. Ada beberapa makam yang menjadi situs sejarah kotamobagu yang perlu dirawat, salah satunya makam Kartini Manoppo itu,” kata Agung, Senin (19/11/2010).

*/kifly koto

Artikulli paraprak169 Desa di Bolmong Belum Ajukan Pencairan Dandes Tahap III
Artikulli tjetërDisbudpar Bakal Lestarikan Situs – Situs Sejarah di Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.