Beranda Berita Utama Jumat pekan ini, PWI akan uji Kompeten 14 Wartawan Bolmut

Jumat pekan ini, PWI akan uji Kompeten 14 Wartawan Bolmut

327
0
kotamobaguonline.com
Ketua PWI Bolmut Satrin Pier Lasama

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XVII kepada 14 jurnalis.

Uji kompetensi yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 – 10 November 2018 ini tercatat sudah ketiga kalinya digelar oleh PWI Kabupaten Bolmut.

Ketua PWI Bolmut Satrin Pier Lasama menuturkan, pelaksanaan UKW ini bertujuan menghasilkan para wartawan yang berkompeten dalam melaksanakan aktifitas jurnalistik.

Selain itu, juga untuk mendapatkan pengakuan dari Dewan Pers melalui diterbitkanya Sertifikat Kompetensi secara berjenjang. Baik kepada Wartawan Muda untuk Reporter, Madya Sekelas Redaktur, maupun pada jenjang Wartawan Utama setingkat Redaktur Pelaksana sampai Pemimpin Redaksi.

Menurut Satrin bahwa pelaksanaan UKW PWI Sulut angkatan XVII di Kabupaten Bolmut ini hanya akan menguji atau mensimulasi aktifitas sehari kepada 14 wartawan pada Jenjang Muda.

“Kami sebenarnya akan membuka jenjang Madya dan Utama, namun rata-rata memenuhi persyaratan. Sehingga itu yang dibuka hanya pada jenjang wartawan muda,” terangnya.

Ketua PWI Bolmut dua periode ini juga menjelaskan bahwa dari sekitar 40 wartawan yang melaksanakan profesinya di Kabupaten Bolmut, tercatat sudah ada 28 wartawan yang dinyatakan berkonpeten oleh Dewan Pers RI. Hal tersebut dapat dilihat di situs resmi Dewan Pers RI.

Dari 28 wartawan yang kompeten, juga tercatat sudah ada 4 wartawan sejak tahun 2017 silam telah lulus UKW pada Jenjang Madya.

“Sisanya, masih ada 12 wartawan yang akan diuji kompetensinya oleh Tim Penguji yang berasal dari PWI Pusat. Jka kesemuanya dinyatakan berkompeten, maka secara keseluruhan wartawan yang di Kabupaten Bolmut sudah mengantongi sertifikat dari Dewan Pers RI. Ini adalah salah satu komitmen saya sebelum mengakhiri jabatan sebagai Ketua PWI periode kedua pada akhir tahun 2019 mendatang,” jelas Lasama yang juga Kepala Biro Harian Metro Manado.

ridwan lasamano

Artikulli paraprakPemerintah Kotamobagu Kembangkan Budidaya Ikan Patin dan Mina Padi
Artikulli tjetërPemkot dan KIP Sosialisasi UU No 14 Tahun 2008

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.