Beranda Berita Utama Tingkatkan Ekonomi UMKM, Rumah Produksi Tahu Tempe Segera Dioperasikan

Tingkatkan Ekonomi UMKM, Rumah Produksi Tahu Tempe Segera Dioperasikan

289
0
Ilustrasi tahu tempe

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Pengembangan sektor industri di Kotamobagu terus didorong oleh Pemerintah setempat guna meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan refitalisasi rumah produksi sentra tahu dan tempe, pada tahun 2018 ini yang berlokasi di Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat.

PLH Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu, Tedy Makalalag, mengatakan, pembangunan rumah produksi yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut, kini sudah dalam tahap Provisional Hand Over (PHO), dan bisa dipastikan 2019 sudah mulai digunakan.

“Alhamdullilah sentranya sudah selesai dibangun, kini tinggal menunggu serah terima atau PHO,” ungkap Tedy.

Dia menuturkan, pembangunan rumah produksi tersebut memakan anggaran sebesar 1 Miliar.

“Namun dana ini hanya untuk bangunanannya, sedangkan untuk peralatan berupa kompor dan mesin lainnya masih akan diusulkan lagi, tapi kita lihat apa tinggal diusulkan di APBD atau APBN,” ungkap Tedy

Dirinya berharap, pembangunan rumah produksi tersebut dapat mendorong dan meningkatkan IKM khususnya Industri tahu/tempe di kotamobagu.

“Dengan adanya gedung untuk pelaku-pelaku usaha tahu tempe ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi sehingga dapat mendorong sektor ekonomi di kotamobagu,” harapnya.

*

Artikulli paraprakWawali Kotamobagu Buka Bursa Inovasi Desa
Artikulli tjetërPemda Bolmong Serahkan Bantuan Tahap Satu ke BPBD Provinsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.